29 Mei 2021

Inilah Solusi Mengatasi Anak Temperamen Ayah Bunda !

(Artikel | Inilah Solusi Mengatasi Anak Temperamen Ayah Bunda !) -Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Mungkin diantara ayah bunda ada memiliki anak masih kecil yang agak temperamen. Misal tiba-tiba dia suka marah sendiri atau sebel sendiri. Mudah berteriak pada orang-orang disekitarnya. Nah kalau begitu apasih penyebabnya ?

Ulasan Inilah Solusi Mengatasi Anak Temperamen Ayah Bunda !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah,  langkah pertama yang bisa kita lakukan mengatasi anak temperamen adalah mengetahui apa yang menjadi sebab anak marah. Penyebab anak suka marah-marah ini bermacam-macam. Ada yang marah karena ada sesuatu yang terjadi tidak sesuai harapannya, ayah bunda ingkar janji, cemburu karena kurang diperhatikan, dipaksa melakukasan sesuatu, dan bisa jadi ayah bunda terlalu sibuk dengan pekerjaannya masing masing. Disinilah pentingnya proses TELUSUR !

Jika sudah jelas penyebab kemarahannya akan lebih mudah menyikapinya. Kalau ia marah karena ada sesuatu yang tidak sesuai dengan harapannya mintalah agar anak mengutarakannya secara baik-baik kepada ayah bunda atau orang dewasa lain yang ada dirumah.

Baca Juga : Kenalilah 4 Pola Asuh Dalam Dunia Psikologi

Ntah itu kakek, nenek, kakak, pengasuh, yang nantinya bisa menjadi tempat mengadu. Selain itu orang dewasa yang menjadi tempat anak mengadu juga berusahalah menjadi pendengar yang baik. Berikan pengertian dan penjelasannya yang baik ketika anak berusaha menceritakan keluh kesahnya.

Biarkan anak bercerita sampai habis dan jangan dipotong-potong, menyalahkannya apalagi menyudutkannya. Ingat ! anak bukanlah seorang terdakwa yang tengah disidang di pengadilan. Ia merupakan sosok yang masih perlu banyak belajar dan dibimbing. Jadi wajar kalau ia masih melakukan kesalahan atau sulit mengontrol emosinya.

Selain itu, jangan menunda memberi respon, karena menunggu satu menit bagi seorang anak iabrat menunggu satu jam. Lama bukan ?

Anak memang bisa marah apabila ada suatu kejadian yang tidak sesuai dengan harapannya. Jangankan anak-anak, orangtua pun bisa marah kan jika harapannya tidak tercapai?

Mengatasi Anak Temperamen Harus Ingat Karakter Setiap Anak Berbeda

Namun ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah jangan lupa. Karakter setiap anak itu berbeda. Ada anak yang mengekspresikan kemarahannya dengan gamblang sehingga orang disekitarnya tahu ia sedang marah tetapi ada juga yang tidak mengungkapkan kemarahannya itu sehingga membuat orangtua bingung.

Kalau ini yang terjadi ayah dan bunda bisa “membaca” kemarahan itu dari bahasa tubuh dan gerak geriknya. Misalnya anak tidak mau keluar kamar, mogok makan, selalu cemberut, atau menangis terus menerus tanpa sebab. Disinilah ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah harus mencari tahu secara perlahan penyebab anak bertingkah aneh

Mintalah anak untuk bercerita kalau ia belum mau bercerita jangan dipaksa. Tunggu anak tenang dan mau mengungkapkan kekesalannya. Kalau ia malah menangis tunggulah tangisnya usai, biarkan emosinya lepas sehingga ia nanti nyaman bercerita.

Dampingi terus anak dengan kasih sayang dan tidak memaksakan kehendak. Ada juga anak yang marah karena belum dapat berbicara dan berbahasa secara baik sehingga merasa kesulitan mengungkapkan apa yang dimaksudnya.

Orangtua pun tidak memahami apa keinginan anak. Kalau ini yang terjadi mintalah anak sebisa mungkin mengadukan kesulitannya. Kalau pun sulit berbicara mintalah ia untuk mencontohkannya atau membimbing tangan ayah dan bunda melalui gerakan.

Bagaimanapun ikatakan emosional yang kuat akan memudahkan ayah dan bunda memahami keinginan anak, meskipun ia memakai bahasa isyarat sekalipun.

Kunci berikutnya yang penting adalah SABAR. Dalam mengatasi anak temperamen kita juga harus bersabar. Sebab, anak-anak kita sedang mengembangkan sistem emosinya. Jika ayah dan bunda terbawa emosi anak pun belajar memelihara amarahnya bukan mengendalikannya bukan ? hehe

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Solusi Mengatasi Anak Yang Temperamen Bunda ! semoga bermanfaat !

Referensi : Buku Ayah Edy Menjawab

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan paket aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Inilah Solusi Mengatasi Anak Temperamen Ayah Bunda !

akikahaqiqahaqiqah anak kembaraqiqah anak yatimaqiqah bergaransiaqiqah diri sendiri dalam islamaqiqah hari ke 7aqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahaqiqah petukanganaqiqah praktisaqiqah rekomendasiaqiqah terbaikaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbolehkah aqiqah diri sendiri ?cabang as shidiq aqiqahcara aqiqah anak kembarhikmah aqiqahhukum aqiqahhukum aqiqah diri sendirihukum hakim anak kembarhutang aqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah jakartamanfaat aqiqahnama bayi islamipaket aqiqahpaket aqiqah bekasipaket aqiqah bintaropaket aqiqah depokpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakselpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangparenting islamipelaksanaan aqiqah anak yatimpopmamarahasia aqiqahrangkaian aqiqahsunnah aqiqahwaktu aqiqah

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram