29 April 2021

Kenalilah 4 Pola Asuh Dalam Dunia Psikologi

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, Psikolog Diana Baumrind pada 1960an mengelompokkan pola pengasuhan anak menjadi tiga jenis loh. Lalu seiring berjalannya waktu  penelitian yang dilakukan oleh Maccoby dan Martin menambah satu jenis gaya parenting lagi. Keempat gaya parenting tersebut adalah sebagai berikut :

1.Authoritarian parenting (pola asuh otoriter)

Pola asuh otoriter adalah pola dimana anak harus mengikuti aturan dari orangtua secara ketat. Jika anak gagal mengikuti aturan, maka biasanya hukuman tegas akan langsung diberikan.Orangtua yang otoriter, biasanya tidak akan menjelaskan alasan di balik hukuman atau peraturan yang mereka berikan pada anak. Pola asuh ini digambarkan se bagai orangtua yang mendominasi dan diktator.Jika anak bertanya “Kenapa saya harus melakukan itu?” maka jawaban seperti “Ya karena Ayah dan bunda bilang begitu,” biasanya sering terucap.Ciri lain dari orangtua yang menjalani pola asuh otoriter adalah:

  • Memiliki harapan dan ekspektasi tinggi terhadap anaknya
  • Tidak terlalu responsif terhadap hal-hal yang terjadi pada anak
  • Tidak memberikan ruang untuk kesalahan anak, tapi di saat yang bersamaan juga tidak membimbing anak melakukan cara yang benar
  • Berfokus pada status dan hasil
  • Beranggapan bahwa anak harus menuruti perintah orangtua
  • Tidak suka jika anak banyak mengajukan pertanyaan

Dampak pola asuh otoriter pada anak:

Anak yang diasuh oleh orangtua yang otoriter, biasanya tidak akan kesulitan untuk mengikuti aturan. Akan tetapi nantinya ia bisa menjadi sosok yang agresif dan mudah berkonflik dengan orang lain.

Selain itu, Dampak lain dari pola asuh otoriter adalah hilangnya rasa harga diri anak. Sebab, pendapatnya sering diabaikan. Kemudian anak yang berada dalam lingkungan otoriter biasanya bisa  menjadi pembohong ulung. Kebohongan kerap dilakukan untuk menghindari hukuman !

2. Authoritative parenting (pola asuh otoritatif)

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah pola asuh otoritatif memiliki kemiripan dengan otoriter akan tetapi gaya parenting ini jauh lebih demokratis. Orangtua memiliki aturan yang ketat dan juga ekspetasi yang tinggi pada anak tapi keadaanya disini orangtua otoritatif lebih mau mendengarkan pertanyaan anak dan memberikan dukungan untuk buah hati.

Ketegasan orangtua juga dibaluti dengan sikap yang  lebih bisa memaafkan dan bijaksana, dibanding dengan orangtua otoriter yang langsung menghukum.

Dampak pola asuh otoritatif pada anak:

Anak yang dibesarkan dengan pola asuh ini, punya kemungkinan besar untuk tumbuh menjadi sosok taat aturan tanpa paksaan. Sebab, orangtua bisa untuk menjelaskan alasan di balik setiap larangan dan anjuran yang ada.

Gaya parenting ini juga dinilai sebagai salah satu gaya yang paling banyak melahirkan anak-anak yang sukses saat dewasa. Sebab gaya parenting ini bisa membuat anak merasa percaya diri dan nyaman dalam mengemukakan pendapatnya di depan orang lain. Selain itu juga,  pola asuh ini juga bisa membuat anak tumbuh dengan lebih bahagia dan bijak dalam setiap membuat keputusan.

3. Permissive parenting (pola asuh permisif)

Orangtua yang menjalani ini punya ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sangat jarang atau bahkan tidak pernah memiliki ekspektasi tertentu pada anak
  • Jarang mendisiplinkan anak
  • Responsif terhadap hal-hal yang dialami anak
  • Sifatnya non-tradisional dan memberikan banyak kelonggaran pada anak
  • Cenderung menghindari konfrontasi
  • Komunikatif
  • Lebih banyak memposisikan diri sebagai teman bagi anaknya

Dampak pola asuh permisif pada anak:

Anak-anak yang tumbuh dengan orangtua yang permisif, akan lebih berisiko mengalami kesulitan di sekolah maupun hal akademis lainnya. Mereka juga akan menunjukkan sikap yang mungkin dianggap kurang sopan atau menghargai karena tidak terbiasa mengikuti aturan. Pola asuh ini juga banyak menghasilkan anak-anak yang kurang percaya diri dan sering bersedih.Sisi negatif dari pola asuh ini juga membuat anak berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan, seperti obesitas. Sebab, orantua tidak mengatur pola makan anak sejak kecil dan membiarkannya melahap setiap makanan kesukaan.

4. Uninvolved parenting (pola asuh membiarkan)

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, Pola asuh yang terakhir adalah pola asuh membiarkan. Orangtua yang menjalaninya, hampir tidak memiliki ekspektasi untuk anaknya. Mereka juga tidak responsif dan hampir tidak pernah berkomunikasi dengan anak.

Meski orangtua tersebut tetap memenuhi dalam kebutuhan dasar anak seperti menyediakan tempat tinggal , makanan, uang dan sekolah tetapi orangtua ini tidak terlibat dalam kehidupan buah hatinya.

Walaupun secara material mereka bertanggung jawab tetapi secara sosial dan emosional mereka kurang dalam hal ini kepada anak seperti tidak suka untuk memberikan arahan, nasihat, larang dan anjuran, atau dukungan emosional pada anak. Pada beberapa kasus, Ada orangtua yang bahkan sama sekali tidak mau berurusan dengan anak dan tidak memenuhi kebutuhan dasarnya.

Dampak pola asuh membiarkan pada anak:

Anak yang dibesarkan oleh orangtua dengan gaya parenting ini biasanya menjadi anak yang kurang bahagia, cuek, serta kurang percaya diri.

Secara akademis, anak-anak tersebut biasanya sulit untuk berprestasi maupun mengikuti pelajaran layaknya anak-anak lain..

Adapun anak yang memiliki orang tua dengan tipe gaya parenting ini juga ada penyebabnya. Beberapa sebabnya adalah kesehatan mental orangtua serta kondisi orangtua yang disibukkan dengan pekerjaan sehingga kurang ada waktu untuk keluarga

Itu 4 gaya parenting yang harus ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah tahu. Pemaparan diatas adalah hasil dari gambaran umum yang sering diperoleh. Bisa jadi dalam beberapa kasus terjadi paradoks. Demikian apa yang kami sampaikan semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Kenalilah 4 Pola Asuh Dalam Dunia Psikologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram