20 Mei 2021

Inilah 5 Penyebab Ruam Kulit Pada Bayi Bunda !

( Artikel | Inilah 5 Penyebab Ruam Kulit Pada Bayi Bunda ! ) - Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ruam kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Selain karena iritasi, ruam juga bisa disebabkan karena alergi, infeksi jamur, parasit, virus, atau bakteri.

Berdasarkan penyebab spesifiknya, tampilan ruam bisa berbeda-beda. Ruam memang cenderung merah, tapi bisa saja tampak bersisik, berminyak, hingga berjerawat.

Ulasan Inilah 5 Penyebab Ruam Kulit Pada Bayi Bunda !

1.Ruam popok

Urine dan feses sama-sama bisa mengiritasi kulit. Jika Bunda sahabat as shidiq aqiqah terlambat mengganti popok si Kecil, biasanya itulah yang menyebabkan ruam di sekitar area genital atau pantat bayi.

Selain itu, ruam popok juga bisa disebabkan karena infeksi jamur, infeksi bakteri, atau alergi terhadap bahan dalam popok dan juga tisu basah.

2. Eksim

Ruam yang satu ini biasa disebut dermatitis atopik. Eksim merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan bercak kering, meradang, atau gatal. Para ahli pun belum yakin persis dengan penyebab eksim.

Pada umumnya, anak-anak maupun orang dewasa yang mengalami eksim punya kondisi kulit yang tidak bisa melindungi dirinya dari iritasi atau alergen seperti debu, kain yang gatal, sabun dan deterjen, serta beberapa makanan.

3. Gigitan serangga

Dalam kasus yang jarang terjadi, gigitan serangga juga dapat memicu anafilaksis, reaksi alergi yang parah dan mengancam jiwa, yang menyebabkan saluran udara membengkak dan membuat kesulitan bernapas.

Gigitan atau sengatan serangga membuat tubuh bereaksi terhadap air liur atau racunnya dalam rupa peradangan. Di bagian yang meradang itulah yang bisanya menjadi ruam kulit.

4. Kulit kering

Kulit bayi sangat sensitif dan menghasilkan lebih sedikit minyak sebagai pelembap alami kulit. Hal ini yang membuatnya rentan menjadi kering karena udara yang sangat dingin, air mandi yang terlalu panas, losion yang wangi, atau sabun dan deterjen yang bisa mengiritasi.

Baca Juga : Inilah Kedudukan Bayi Keguguran Di Sisi Allah

Selain itu, bayi juga bisa mengalami bercak merah kering di wajah akibat liur saat tumbuh gigi. Kulit yang kering itu biasanya terlihat kencang, kasar, atau bersisik. Kadang juga menjadi gatal dan mengelupas.

5. Alergi makanan

Pada umumnya alergen yang bisa menyerang bayi bisa terdapat dalam telur, susu, kacang tanah, ikan, gandum, dan bahkan kedelai yang mungkin saja Bunda sahabat as shidiq aqiqah campurkan dalam MPASI mereka.

Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh si Kecil mendeteksi makanan tertentu sebagai sesuatu yang berbahaya, dan lalu bereaksi berlebihan dengan meluncurkan respon perlindungan atau reaksi alergi.

Tak hanya ruam dan gatal-gatal saja, alergi makanan ini juga bisa menyebabkan mual atau muntah, mata berair, juga bersin-bersin. Lebih serius lagi, alergi bisa menyebabkan pembengkakan bibir atau lidah, serta kesulitan bernapas.

Bunda sahabat as shidiq aqiqah harus waspada terhadap hal-hal penyebab ruam kulit pada bayi tersebut di atas. Lebih baik melakukan pencegahan dengan memerhatikan kebersihan popok si Kecil, serta apa saja yang mereka konsumsi.

Jika ruam pada bayi sudah telanjur muncul, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

Demikianlah apa yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Aamiin…

sumber

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Inilah 5 Penyebab Ruam Kulit Pada Bayi Bunda !

 

 

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram