21 Mei 2021

Inilah 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Hemat !

(Artikel | Inilah 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Hemat !) - Assalammulaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda as shidiq aqiqah. Sudah berapa lama Bunda hanya menjadi ibu rumah tangga? Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang kerap di-underestimate dan dianggap mudah, padahal faktanya sulit, Bunda.

Seorang ibu rumah tangga tak hanya harus mengurus anak dan rumah tapi juga keuangan keluarga mereka. Apa Bunda sering kelimpungan karena tak bisa mengatur budget uang belanja sehingga beberapa kali terasa kurang?

Jika ya, ada baiknya Bunda sudah mengatur uang belanja sejak dini agar keuangan rumah tangga berjalan sesuai anggaran.

Jika selama ini selalu membuat budget hanya untuk belanja bulanan, Bunda juga perlu menentukan anggaran kebutuhan mingguan. Yuk belajar mengatur uang belanja mingguan terutama untuk para ibu rumah tangga

Ulasan Inilah 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tanggar Agar Hemat !

1.Tulis Daftar Belanja

Dalam mengatur keuangan rumah tangga menulis daftar belanja mungkin terdengar klasik tapi ini sangat berpengaruh, Bunda. Pentingnya menulis daftar belanja sebelum pergi ke supermarket atau pasar.

Untuk menentukan uang belanja mingguan, Bunda terlebih dahulu harus menulis kebutuhan rumah tangga dalam satu minggu. Dilansir dari BBC, menulis daftar belanja juga membantu Bunda merencanakan menu makanan selama satu minggu.

Jadi, ketika sampai pasar atau supermarket maka Bunda tak perlu mengelilingi semua area. Cukup berhenti pada rak-rak berisi kebutuhan dalam daftar belanja tersebut.

Mulailah menulis daftar belanja pada hari libur, ketika suami bisa membantu menjaga anak di rumah. Mungkin bisa menulisnya pada hari Sabtu kemudian pergi belanja keesokan harinya.

Bunda bisa menuliskan daftar belanja dalam aplikasi, notes, atau secara manual. Ingat, daftar belanja ini perlu dibedakan antara mingguan dan bulanan ya, Bun.

2. Pergi ke Supermarket Lokal

Ada baiknya, Bunda belanja di supermarket lokal jika ingin mendapatkan penawaran harga terbaik. Umumnya, supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari dalam negeri akan memiliki harga lebih murah.

Berbeda dengan supermarket yang lebih banyak menjajakan barang-barang import atau luar negeri maka harganya pun tentu lebih tinggi. Semua tergantung gaya hidup dan keuangan rumah tangga kalian.

3.Catat Semua Pengeluaran Saat Belanja

Catat semua pengeluaran saat Bunda pergi belanja mingguan. Bunda bahkan bisa membandingkan harga dari satu barang yang sama kegunaannya tapi beda merek. Dengan begitu, keuangan keluarga akan lebih terkontrol.

Tidak hanya itu, pengeluaran apa saja yang mungkin terjadi ketika belanja mingguan? Apakah ada tambahan jajan anak atau transport yang mahal?

Jika belanja secara langsung terasa lebih boros, coba cari opsi lain dengan belanja online. Bunda bisa memilih beberapa aplikasi atau situs yang menjual ragam bahan pokok dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan mingguan.

Kemudian bandingkan saja dengan belanja secara langsung ke supermarket. Apakah mungkin lebih murah belanja online?

Baca Juga :  Inilah 4 Kesalahan Yang Tak Disadari Suami Sibuk

Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan perbandingan yang tepat. Jangan ragu untuk memakai kalkulator agar bisa mendapatkan budget belanja mingguan terbaik.

4. Hindari Belanja Saat Lapar

Bunda disarankan tidak pergi belanja saat sedang lapar. Ketika perut lapar maka akan kekurangan tenaga serta pikiran tak fokus. Ini bisa membuat Bunda lebih konsumtif.

Ingat, Bunda saat ini sedang belanja kebutuhan rumah tangga jadi hindari perasaan impulsif. Sebaiknya, isi perut dulu sebelum pergi belanja ya, Bunda.

5. Harus Sesuai Budget

Ketika budget belanja mingguan sudah ditentukan maka hindari belanja keluar dari anggaran. Misalnya saja ketika belanja melihat ada makanan yang sedang viral kemudian terpengaruh membelinya.

Hal tersebut menyebabkan Bunda belanja jauh lebih mahal dari budget. Ini tentu akan membuat pengaturan keuangan belanja mingguan berantakan.

Jika sekali dilakukan maka bisa berlanjut dan menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, Bunda harus disiplin dengan budget belanja mingguan yang dibuat sendiri.

Kalau memang ingin membeli sesuatu di luar daftar belanja mingguan, lihat keuangan terlebih dahulu. Apakah memang ada uang tambahan bulan ini yang belum terpakai?

Bunda bisa memanfaatkan uang tersebut untuk membelinya, bukan dari budget belanja mingguan. Jadi, pisahkan antara kebutuhan dan keinginan ya, Bunda. Hal ini juga disarankan oleh perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie.

“Perempuan harus memahami perbedaan antara kebutuhan versus keinginan ya,” ujar Prita dalam videonya di media sosial ZAP Finance.

Demikian ulasan kami mengenai Inilah 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Hemat ! Semoga apa yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi bunda sahabat as shidiq aqiqah.

sumber

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Inilah 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tanggar Agar Hemat !

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram