19 Mei 2021

Inilah 5 Peran Suami dalam Program hamil

5 Peran Suami dalam Program hamil

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Jika Anda dan pasangan berencana untuk memiliki anak, bukan hanya istri Anda yang harus berjuang sendirian. Tanggung jawab juga tertumpu pada pundak suami, karena pada dasarnya suami adalah orang pertama yang wajib mendukung program hamil istri yang sedang hamil. Bagi Anda suami, Anda harus tahu dan memahami sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat program kehamilan ini lebih mudah, tanpa membebani salah satu pihak.

Beberapa pasangan diidingi anak setelah menikah. Namun, sayangnya keinginan ini kerap tidak terwujud karena sang istri sedang tidak hamil. Penyebabnya bisa beraneka macam, baik dari sisi istri, suami, atau bisa keduanya.

Seperti dilansir WebMD, 40 persen pasangan di dunia memilih untuk melakukan IVF karena kesulitan memiliki anak. Meskipun program IVF begitu populer dengan tingkat keberhasilannya yang tinggi, biaya tinggi sering menjadi hambatan karena keterbatasan ekonomi.

Baca artikel lainnya : Inilah 3 Penyebab Anak Susah Tidur Bunda Sahabat As Shidiq!

Jika faktor ekonomi menjadi hambatan, satu-satunya cara untuk mengejar program kehamilan adalah secara alami dan dipantau oleh dokter kandungan dan kebidanan. Namun, sebelum memulai program hamil, Anda dan pasangan harus saling mendukung. Program kehamilan diketahui dapat menguji dan menuntut kesabaran dan pengertian baik dari istri maupun suami.

Ketahui juga bahwa ketika Anda dan pasangan ingin memiliki bayi, jangan selalu menjadikan istri Anda fokus utama. Suami juga harus berperan demi kelancaran program hamil dan keberhasilan program kehamilan.

Peran suami dalam program kehamilan istri
Nah, sebelum menjalani program kehamilan, langkah pertama yang harus Anda dan pasangan lakukan adalah memastikan bahwa Anda dalam kondisi sehat. Lebih lanjut, berikut beberapa peran sang suami dalam mendukung kesuksesan program kehamilan sang istri.

1. Ini lebih dari sekadar masalah frekuensi seks

Program kehamilan bukan tentang berhubungan seks setiap hari, sesering mungkin. Mengetahui masa subur seorang wanita memiliki peran penting dalam keberhasilan program hamil. Ini bukan hanya tugas istri, tetapi suami juga harus tahu ini.

"Masa subur adalah periode ketika ovulasi telah terjadi (pelepasan telur dewasa dari ovarium). Untuk mengetahui kapan masa subur istri, suami harus mengetahui siklus menstruasi rata-rata dari 3-6 siklus menstruasi terakhir. Jika siklus menstruasi istri berlangsung secara rutin setiap 28 hari, maka ovulasi adalah perkiraan hari menstruasi pertama, maka minus 14 hari," kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter menjelaskan.

Lakukan hubungan seksual, terutama dalam 3 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan konsepsi akan lebih tinggi jika pasangan melakukan hubungan seksual pada waktu itu.

Jadi, bagaimana dengan posisi seks, apakah ada posisi yang dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan?

Menurut penjelasan dari dr. Melyarna Putri kepada KlikDokter, posisi misionaris (man on top) dan doggy style (wanita dan pria berlutut, penetrasi dilakukan dari belakang) dianggap sebagai dua posisi terbaik jika ingin cepat hamil.

"Dua posisi tersebut diduga untuk memudahkan perjalanan sperma ke dalam rahim untuk mencapai telur. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan kaitan antara posisi seksual dengan terjadinya kehamilan atau bisa membuat wanita cepat hamil," jelasnya.

2. Ajak istri Anda untuk berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk kesuburan. Ada penelitian yang menyatakan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kesuburan wanita. Bahkan, wanita yang berolahraga selama 30 menit atau lebih setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena infertilitas karena gangguan ovulasi.

Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah. Jika dilakukan secara teratur, dapat meningkatkan produksi hormon yang membantu pertumbuhan telur. Olahraga juga dapat mengurangi stres, yang dapat menurunkan kemungkinan konsepsi.

Bagi pria, aktivitas fisik berupa cahaya hingga sedang diketahui dapat meningkatkan enzim antioksidan yang dapat melindungi kualitas sperma.

Olahraga bersama tidak harus sulit, hanya jogging, berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Hindari olahraga berat, terutama yang berhubungan dengan perut.

3. Kondisi suami juga harus sehat

Jangan hanya menuntut agar istri harus sehat, tetapi suami juga harus sehat. Ini dapat diperoleh dari penerapan diet yang sehat dan seimbang. Karbohidrat kompleks, protein, sayuran, dan buah-buahan harus menjadi diet bagi pria.

Selain itu, pria harus menghindari merokok, kafein dan alkohol. Mengapa? Karena merokok, kafein, dan alkohol dapat mengganggu sistem reproduksi dan kualitas sperma pria.

Suami juga harus menghindari dan menangani stres sebanyak mungkin. Kondisi ini tidak hanya dapat menyebabkan depresi, tetapi juga mempengaruhi kualitas sperma. Jika kondisi ini tidak teratasi, program kehamilan dalam bahaya berantakan.

4. Jaga suasana hati istri

Faktor psikologis sangat berpengaruh dalam program kehamilan. Pria harus tahu bagaimana suasana hati istri mereka ketika diajak berhubungan seks, suasana hati yang buruk dapat berdampak pada penurunan kualitas seks.

Salah satu cara untuk menjaga istri Anda dalam suasana hati adalah menjadi pendengar yang baik. Dengarkan apa pun yang dikatakannya dengan penuh perhatian, tanpa gangguan gadget, game, atau televisi. Cobalah menawarkan untuk memberi istri Anda pijatan lembut, terutama jika istri Anda lelah sepanjang hari bekerja dan merawat rumah.

5. Pria juga harus bersedia mengikuti tes kesuburan

Biasanya, wanita menjadi perhatian utama, menjadi orang-orang yang menjalani banyak tes, mulai dari tes kesuburan hingga terapi tertentu. Namun, perlu diingat bahwa semua tes dan terapi yang harus dijalani istri Anda bisa sia-sia jika ternyata masalah utamanya bukan dengannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi suami untuk melakukan tes kesuburan bersama dengan istri mereka tanpa prasangka apa pun.

Bagi pria, lebih baik melakukan analisis kualitas dan kuantitas sperma. Dalam hal ini, suami dapat berkonsultasi dengan spesialis andrologi.

Salah satu kunci keberhasilan program kehamilan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol, baik untuk suami maupun istri. Saling mendukung dan persahabatan adalah hal dasar yang dilakukan untuk kesuksesan program istri hamil.

Cobalah untuk tidak absen mendampingi istri kontrol ke dokter, karena sebenarnya program kehamilan adalah program bersama. Kedua suami istri memiliki peran. Jika Anda berdua tahu apa peran mereka, program kehamilan dapat dilakukan dengan baik.

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat, paket aqiqah tangerang

Inilah 3 Penyebab Anak Susah Tidur Bunda Sahabat As Shidiq !

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram