16 Maret 2021

Inilah Waktu Terbaik Pelaksanaan Aqiqah !

( Artikel : Inilah Waktu Terbaik Pelaksanaan Aqiqah ) - Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, diantara ayah bunda mungkin ada yang belum tahu, kapan sih waktu terbaik  pelaksanaan aqiqah didalam islam ? terdapat beberapa hadis rasulullah yang menentukan bahwa waktu pelaksanaan adalah hari ke 7. Hadis hadis tersebut antara lain :

Hadis Samurah r.a berkata, Rasulullah bersabda, “ Setiap anak tergadaikan pada aqiqahnya, disembelihkan hewan untuknya pada hari ke tujuh kelahirannya, dicukur rambutnya dan diberi nama.”

Hadis ‘Amr bin Syu’aib dari bapaknya, dari kakeknya, “ Bahwasannya Rasulullah memerintahkan untuk memberi nama bayi pada hari ketujuh kelahirannya, membersihkan kotoran darinya dan menyembelihkan hewan.”

Hadis Aisyah r.a , “Rasulullah mengaqiqahi Hasan dan Husain pada hari ketujuh kelahiran mereka, memberi nama dan memerintahkan agar kotoran di kepala mereka dihilangkan (rambutnya dicukur).”

Dari hadis hadis ini dapat diambil kesimpulan bahwa waktu yang disunnahkan untuk pelaksanaan aqiqah adalah hari ketujuh kelahiran. Hal ini disepakati oleh seluruh ulama berdasarkan hadis-hadis yang menjelaskannya.

Hikmah Waktu Pelaksanaan Aqiqah Di Hari Ke 7

As Syeikh Ibnu Utsaimin mengatakan, “ Ritual penyembelihan hewan aqiqah disunnahkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran. Apabila dilahirkan hari sabtu, maka aqiqah dilaksanakan pada hari jumat. Yaitu satu hari sebelum hari kelahiran. Inilah kaidahnya. Apabila dilahirkan pada hari kamis maka aqiqahnya dilaksanakan pada hari Rabu. Dan demikian seterusnya.”

Kemudian beliau melanjutkan, “ Hikmah dibalik pelaksanaan aqiqah pada hari ketujuh kelahiran, karena hari ketujuh merupakan penutup hari-hari dalam satu tahun. Apabila dilahirkan pada hari kamis, si bayi akan melewati hari kamis, jumat, sabtu, ahad, senin, selasa, dan rabu. Dengan berlalunya seluruh hari dalam satu tahun, diharapkan bayi ini kelak panjang umurnya.” ( Asy Syarhul Mumti’ 7/538-539)

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi ayah bunda sekalian. Aaamiin… Insya Allah

Hastag : Sunnah Aqiqah , Waktu Aqiqah , Jasa Aqiqah , Aqiqah Praktis , Aqiqah Murah

Baca Juga :

AQIQAH TANGGUNG JAWAB SIAPA ? INI 4 PENDAPAT ULAMA

INILAH 6 HIKMAH AQIQAH YANG AYAH BUNDA WAJIB TAHU !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×