18 Maret 2021

Aqiqah Diganti Sedekah , Bolehkah Dalam Islam ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Diantara ayah bunda mungkin ada yang bertanya Tanya. Bolehkah aqiqah diganti sedekah dengan nilai yang semisal ? Nah berikut pemaparan ulama mengenai hal ini.

Pendapat Ulama Aqiqah Diganti Sedekah

Para ahli fiqih menegaskan bahwa aqiqah lebih baik dibandingkan dengan bersedekah dengan harga yang sama atau lebih . Dr Husamuddin mengatakan selama beliau melakukan penelitian tentang masalah aqiqah, beliau belum pernah menemukan seorang pun dari kalangan ulama yang berfatwa bolehnya mengeluarkan sedekah untuk mengganti aqiqah aqiqah dengan jumlah biaya yang sama. Mereka semua, sepanjang pengetahuan beliau, berpendapat harus mengikuti sunnah nabi dalam hal ini.

Al Khallal mengatakan kepada Sulaiman Ibnul Asy’ats berkata, “Aku mendengar ketika Abu Abdillah ditanya: ‘Menurut anda mana yang lebih anda sukai aqiqah atau bersedekah sejumlah biayanya kepada fakir miskin ?; Beliau menjawab, ‘aqiqah’. (Tuhfatul Maudud hal 50)

Imam An Nawawi mengatakan, “Aqiqah menurut kami lebih baik daripada bersedekah sejumlah harganya. Inilah pendapat Ahmad dan Ibnul Mundzir.” (Al Majmu 8/433. Lihat: Al Inshaf 4/110)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan,”Qurban, aqiqah dan hadyi lebih baik darpada sedekah dengan harganya.” (Majmu’ Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah 26/304)

Ibnu Qayyim mengatakan,”Ritual penyembelihan lebih baik daripada bersedekah dengan harganya walaupun dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan harga qurban dan hadyi. Sebab, penyembelihan dan menumpahkan darah adalah tujuan dari ritual ini yang merupakan ibadah yang disandingkan dengan shalat. Allah Ta’ala berfirman :

Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah.” ( al Kautsar ayat 2)

Dalam ayat lain :

Katakanlah : “ Sesungguhnya shalat, sembelihan, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” ( al An’am ayat 162)

Dalam setiap agama pasti ada ibadah dan ritual sembelihan yang kedudukannya takkan terganti. Oleh karena itu, kalau hewan sembelihan untuk ibadah haji tamattu dan haji qiran digantikan dengan sedekah dalam jumlah berkali-kali lipat dari hewan tersebut, tetap tidak akan dapat menggantikan kedudukannya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sedekah dengan jumlah yang sama tidak bisa menggantikan ibadah aqiqah yah ayah bunda. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ! aamiin.. Insya Allah

Hastag : Jasa aqiqah , paket aqiqah , aqiqah murah , aqiqah praktis , hukum aqiqah diganti sedekah

Baca Juga :

INILAH WAKTU TERBAIK PELAKSANAAN AQIQAH !

AQIQAH TANGGUNG JAWAB SIAPA ? INI 4 PENDAPAT ULAMA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×