12 November 2021

Inilah Tingkat Konsentrasi Anak Berdasarkan Usianya

Inilah Tingkat Konsentrasi Anak Berdasarkan Usianya

Inilah Tingkat Konsentrasi Anak Berdasarkan Usianya - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ketika anak sudah mulai tumbuh berkembang apalagi sudah mengetahui ini dan itu sebagai orangtua naluri kita sebagai orangtua pasti tentu ingin mengajarinya. Ketika berusaha menerangkan sesuatu mungkin sering dijumpai anak sulit untuk fokus. Tahukah ayah bunda bahwa dalam umur tertentu setiap anak memiliki waktu maksimal konsentrasi yang berbeda beda loh. Berikut adalah penjelasannya :

Ulasan Inilah Tingkat Konsentrasi Anak Berdasarkan Usianya

  • Usia 0-1 tahun

Anak pada rentan umur ini umumnya akan sulit berkonsentrasi karena mereka sedang berada dalam fase eksplorasi. Memasuki usia 1 tahun, kemampuan konsentrasinya berkisar 1-3 menit. Hal itu terjadi berkaitan dengan kemampuan fungsi indera, otak dan fungsi lain yang masih dalam masa perkembangan .

  • Usia 2 tahun

Saat ini anak mulai terpecah perhatiannya. Ia akan cepat berpindah dari aktivitas yang sat uke aktivitas yang lain yang menurutnya lebih menarik perhatiannya. Kemampuan konsentrasinya berkisar 3-5 menit.

  • Usia 3 tahun

Waktu konsentrasinya sekarang meningkat sekitar 5-10 menit. Mereka sudah bisa mengingat dan mengulang sedikitnya 3 benda terakhir yang berurutan disebutkan.

Baca Juga :

  • Usia 4 tahun

Memori anak pada umur ini semakin baik. Sekitar 12 menit.

  • Usia 5 tahun

Selain sudah dapat berkonsentrasi selama 14 menit, anak Anda kini sudah dapat menyelesaikan tugas sampai selesai.

  • Usia 6-12 tahun

Pada usia ini pastinya anak Anda sudah mulai masuk sekolah. Oleh karena itu umumnya rentang konsentrasinya kini sekitar 30-45 menit. Hal itu juga terjadi karena mereka sudah memiliki semangat berkompetisi yang tinggi dan rasa ingin tahu yang besar.

Angka-angka diatas tentunya hanya gambaran umum saja. Berapa lama seorang anak dapat focus dan berkonsentrasi juga dapat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti berapa banyak gangguan yang ada disekitar anak, apakah anak tersebut sedang lapar atau lelah, dan seberapa tertarik mereka dengan kegiatan tersebut.

Berangkat darisini jangan kaget yah ayah bunda kalau ternyata mungkin si kecil tidak bisa konsentrasi lama-lama. Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Tingkat Konsentrasi Anak Berdasarkan Usianya semoga bermanfaat!

Inilah Tingkat Konsentrasi Anak Berdasarkan Usianya

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram