13 November 2021

Kenalilah Penyebab Anak Anak Bisa Menjadi Nakal

Kenalilah Penyebab Anak Anak Bisa Menjadi Nakal

Kenalilah Penyebab Anak Anak Bisa Menjadi Nakal - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Mendidik anak bukanlah perkara mudah. Karena ada banyak celah yang bisa membuat anak menjadi tidak patuh dan nakal. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus tahu hal-hal yang bisa membuka pintu anak menjadi nakal. Apa sajakah itu? Berikut pemaparannya :

Ulasan Kenalilah Penyebab Anak Anak Bisa Menjadi Nakal

Pertama, Orang Tua Jauh dari Agama         

Salah satu penyebab anak menjadi nakal adalah dikarenakan orang tuanya yang jauh dari agama. Jika orang tua mau  menghadiri majelis ilmu/kegiatan keagamaan yang diisi oleh para kyai dan ustadz, pasti disana akan ada kebaikan dan insya Allah akan berdampak baik pula bagi anak.

Baca Juga :

Kedua, Lingkungan dan Teman yang Buruk

Semakin baik lingkungan sekitar anak, maka semakin baik pula tingkah lakunya. Namun sebaliknya, jika anak berada dalam lingkungan yang tidak baik (pemabuk, pecandu narkoba, penjudi), maka anak pun akan termakan hasutan setan.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.” (HR. Abu Daud)

Ketiga, Perlakuan yang Buruk dari Orang Tua

Salah satu penyebab anak menjadi nakal bisa saja karena didikan kasar dari orang tuanya. Anak yang dididik dengan pukul, perkataan kasar, dan bahkan penghinaan akan menumbuhkan perangai dan akhlak yang buruk pada anak.

Allah memerintahkan kepada kita, “Serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.” (QS. Al-Baqarah: 83)

Keempat, Perselisihan dan Percekcokan Orang Tua

Perselisihan dan pertengkaran yang dilakukan oleh kedua orang tua dihadapan anak akan menimbulkan efek negative pada anak. Tanpa disadari, anak akan mencontoh segala tingkah laku kedua orang tuanya. Maka, sebaiknya orang tua bisa menjadi teladan yang baik bagi anak.

Kelima, Tayangan Film Kekerasan

Seperti halnya melihat perselisiihan orang tua, anak yang selalu menonton tayangan film kekerasan pun tanpa disadari akan ditiru oleh anak. Karena anak-anak merupakan peniru yang andal dan mereka mudah meniru apa saja yang mereka lihat.

Oleh karena itu, batasi penggunaan TV dan gadget pada anak. Jangan sampai anak kita menonton tayangan yang bisa menimbulkan efek negative pada dirinya.

Demikianlah artikel kami mengenai Kenalilah Penyebab Anak Anak Bisa Menjadi Nakal semoga bermanfaat!

Kenalilah Penyebab Anak Anak Bisa Menjadi Nakal

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram