19 Juni 2021

5 Tips Mengajarkan Anak Menentukan Pilihan Terhadap Sesuatu !

5 Tips Mengajarkan Anak Menentukan Pilihan Terhadap Sesuatu !

(Artikel |5 Tips Mengajarkan Anak Menentukan Pilihan Terhadap Sesuatu !) - Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Melatih anak agar menentukan pilihan adalah hal yang penting. Mengapa? Ya, karena agar anak kelak saat besar nanti adalah sosok yang memiliki pendirian dan memiliki prinsip hidup. Sehingga bisa menjadi orang yang juga mampu menyelesaikan masalah.

Yang menjadi pertanyaan, gimana sih melatih anak agar menjadi anak yang bisa menentukan pilihan ? berikut pemaparannya

Ulasan 5 Tips Mengajarkan Anak Menentukan Pilihan Terhadap Sesuatu !

1. Jangan Terlalu Membebani

Anak-anak pada umumnya mengharapkan orang tua untuk mengambil keputusan penting dalam keluarga. Hal itu membuat mereka merasa “aman”. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Ayah bunda juga memberi kesempatan kepada Si Kecil untuk mengutarakan keinginannya untuk hal-hal sederhana, misalnya menentukan apakah ia ingin makan apel atau pisang. Berikan dua opsi saja. Dan jika ia tidak bisa menentukan di antara kedua opsi tersebut, jangan tawarkan pilihan ketiga. Sangat disarankan agar ayah bunda tidak terlalu membebani Si Kecil dengan memilih dari banyak opsi atau memutuskan sesuatu hal yang terlalu penting.

Baca Juga :

2. Bantu Anak Memilih

Sering kali anak bingung dalam menentukan pilihan karena ia tidak tahu sebab akibat ataupun konsekuensi dari apa yang ia pilih. Oleh karena itu, Ayah bunda bisa membantu Si Kecil memilih dengan menjelaskan kekurangan dan kelebihan masing-masing pilihan. Misalnya, jika anak sedang bingung memilih mainan a atau mainan b bunda bisa menjelaskan jika anak memilih mainan b maka akan lebih awet karena terbuat dari karet jadi tidak mudah rusak jika jatuh dibanding yang a dari plastik mudah rusak jika terbanting.

3. Lakukan Secara Bertahap

Ayah bunda tentu tidak bisa menuntut Si Kecil yang masih berusia 5 tahun untuk menentukan pilihan rumit. Mulailah dari hal-hal sederhana, seperti memilihkan warna kaus yang akan ia pakai atau jajanan yang ingin ia makan. Seiring dengan bertambahnya usia dan kemampuan berpikir Si Kecil, Ayah bunda bisa memberinya opsi yang nantinya bisa mengasah kemampuan berpikirnya. Seperti menanyakan ia ingin pergi kemana saat liburan. Kota A atau kota B.

4. Konsisten

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Saat Si Kecil sudah menentukan pilihannya, pastikanlah juga latih ia untuk konsisten terhadap pilihannya tersebut. Misalnya, ketika anak memutuskan untuk makan ayam goreng ketika Ayah bunda  sekeluarga berada di restoran. Maka ayah bunda ketika makanan sudah sampai di meja latih ia untuk tanggung jawab dengan apa yang ia pilih yah yakni menghabiskannya dan tidak mengganti menu.

5. Ciptakan Rutinitas

Ayah bunda juga bisa melatih anak mengambil keputusan dengan menciptakan rutinitas dalam kesehariannya. Misalnya pada akhir pekan, Ayah bunda bisa memberinya opsi bermain sepeda di luar atau berenang. Dengan adanya rutinitas ini, diharapkan nantinya maka anak akan terbiasa untuk berpikir cepat dalam menentukan pilihannya.

Demikianlah artikel kami mengenai 5 Tips Mengajarkan Anak Menentukan Pilihan Terhadap Sesuatu ! semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

5 Tips Mengajarkan Anak Menentukan Pilihan Terhadap Sesuatu !

akikahaqiqahaqiqah anak kembaraqiqah anak yatimaqiqah bergaransiaqiqah diri sendiri dalam islamaqiqah hari ke 7aqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahaqiqah petukanganaqiqah praktisaqiqah rekomendasiaqiqah terbaikaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbolehkah aqiqah diri sendiri ?cabang as shidiq aqiqahcara aqiqah anak kembarhikmah aqiqahhukum aqiqahhukum aqiqah diri sendirihukum hakim anak kembarhutang aqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah jakartamanfaat aqiqahnama bayi islamipaket aqiqahpaket aqiqah bekasipaket aqiqah bintaropaket aqiqah depokpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakselpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangparenting islamipelaksanaan aqiqah anak yatimpopmamarahasia aqiqahrangkaian aqiqahsunnah aqiqahwaktu aqiqah

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram