30 April 2021

5 Tips Anak Jadi Senang Puasa Di Bulan Ramadhan

( Artikel | 5 Tips Anak Jadi Senang Puasa Di Bulan Ramadhan (paket aqiqah/jasa aqiqah) ) - Assalammualailakum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda (akikah) as shidiq aqiqah, Ibadah puasa bukan perkara mudah bagi anak, terutama bagi mereka yang belum terbiasa. Orang tua perlu mengenalkan puasa pada anak, bahkan sebelum bulan Ramadan dimulai.

Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan, ada beberapa cara untuk mengajarkan puasa pada anak. Tentunya cara-cara tersebut menyesuaikan  dengan usia dan dan kondisi fisik anak.

Bagaimana caranya ? Nah.. berikut adalah beberapa tips agar anak mau ikut puasa.

Inilah 5 Tips Anak Jadi Senang Puasa Di Bulan Ramadhan

  • Mengenalkan konsep berpuasa

Hal yang ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah yang mesti lakukan adalah mengenalkan konsep puasa pada anak. Tahap ini bisa dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Ya, ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa menjelaskan bahwa saat puasa, seorang Muslim diharuskan untuk menahan nafsu untuk makan, minum, dan amarah. Beri tahu juga anak  mengenai kegiatan dan aktivitas apa saja yang biasa dilakukan di bulan puasa seperti salat Tarawih, sahur, dan berbuka puasa.

  • Beri motivasi

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah jangan lupa untu memotivasi dan mendukung secara moral anak supaya yakin pada dirinya sendiri bahwa ia sanggup berpuasa. Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa memotivasinya dengan memberi hadiah jika ia mampu berpuasa.

  • Jangan memaksa

Mengutip The Asian Parents, banyak orang tua yang sudah mengajak anak berpuasa sejak usia 4 tahun. Jangan memaksakan anak diusia terlalu dini untuk berpuasa.Ajarkan secara bertahap. Khawatir ia malah jadi kapok untuk berpuasa.

Psikolog Ayoe mengatakan, usia 6-7 tahun merupakan usia ideal untuk mengajarkan anak benar-benar berpuasa. Namun, orangtua juga harus memperhatikan kondisi fisik dan kekuatan anak yang sedang berpuasa.

Ada kalanya anak tidak sanggup berpuasa selama seharian penuh dan minta berbuka puasa di awal (setengah hari). Sang anak bisa jadi terlalu lelah, atau mengalami dehidrasi. Jika demikian, beri anak kelonggaran untuk berpuasa setengah hari.

  • Buatlah puasa menyenangkan

Ketika mengajak anak berpuasa, orang tua harus membiarkan anak melakukan apa yang biasa mereka lakukan seperti bermain dengan teman-temannya.

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah tidak perlu melarangnya untuk bermain atau melakukan aktivitas ringan hanya karena takut anak menjadi lapar. Jika terlalu banyak larangan, anak bisa beranggapan bahwa aktivitas puasa tidak menyenangkan serta puasa adalah hambatan untuk beraktivitas.

Dengan anak disibukkan dengan aktivitas ringan, justru anak nantinya bisa jadi melupakan rasa haus dan laparnya sehingga tidak meminta berbuka puasa lebih awal.

Ayoe juga menekankan orang tua untuk mengkonotasikan puasa sebagai hal yang menyenangkan agar anak mau ikut menjalani ibadah puasa.

Selain itu ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah juga bisa membuat puasa menjadi menyenangkan dengan melibatkan si anak dalam membuat kue di untuk lebarannya !

  • Buat sahur menyenangkan

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, ketika sudah mulai melakukan ibadah puasa, anak cenderung sulit bangun untuk sahur karena belum terbiasa. Pada momen ini, orang tua dianjurkan mengajak anak untuk sahur sejak sebelum tidur.

Sebelum tidur, ingatkan anak untuk bangun saat waktu sahur tiba. Hal itu ditujukan agar anak terstimulasi untuk bangun pada waktu sahur.Selain itu ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa membuatkan menu sahur favorit untuk anak.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Aamiin Insya Allah !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

5 Tips Anak Jadi Senang Puasa Di Bulan Ramadhan

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram