25 Maret 2021

Bolehkah Kaki Hewan Aqiqah Diberi Ke Bidan ?

Assalammulaikum warahmatullahi wabarakatuh  ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, diantara ayah bunda mungkin ada yang belum tahu bahwa dianjurkan agar memberikan kaki hewan aqiqah kepada bidan loh. Ya, Dr Husamuddin mengatakan sebagian ulama mengatakan agar kaki hewan aqiqah diberikan kepada wanita yang membidani kelahiran si bayi (Al Majmu’ 8/430, Al Inshaf 4/114, I’la us Sunan 17/131).

Penjelasan Ulama Tentang Memberi Kaki Hewan Aqiqah Ke Bidan

Mereka berargumentasi berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Ja’far bin Muhammad dari bapaknya, Bahwasannya Rasulullah pada aqiqah yang diselenggarakan oleh Fatimah untuk Hasan dan Husain bersabda,”Kirimkanlah salah satu kaki hewan sembelihan itu kepada bidannya. Makanlah dan bagikan ! Tapi jangan mematahkan tulangnya.”

Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab Al Marasit dan al Baihaqi. Asy Syaikh al Arnauth mengatakan,”Dalam sanadnya terdapat mata rantai santai yang terputus (inqitha).” (Zadul Ma’ad 2/232, Sunan al Baihaqi 9/302). Dalam sanadnya juga terdapat perawi bernama Husain bin Zaid al Aalawi yang dhaif.” An Nawawi menyebutkan bahwa hadis ini diriwayatkan secara mauquf pada Ali ra. Al Baihaqi membawakan riwayat yang mauquf tersebut dengan lafal,

Baca Juga : BOLEHKAH MEMBERI DAGING AQIQAH KE NON MUSLIM ?

“Bahwasannya Ali bin Abi Thalib ra memberikan kaki hewan aqiqah kepada bidan.” (Tuhfatul Muhtaj ila Adillati al Minhaj 2/539, Al Majmu 8/431, Sunan al Baihaqi 9/304)

Al Khallal meriwayatkan bahwa Imam Ahmad pernah ditanya tentang aqiqah. Beliau ditanya,”Apakah ada sebagian daging hewan aqiqah yang dihadiahkan kepada si bidan ?” Beliau menjawab, “Ya” (Tuhfatul Maudud, Hal 67)

Hastag : jasa aqiqah , paket aqiqah murah , as shidiq aqiqah , paket aqiqah jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×