25 Maret 2021

Bolehkah Memberi Daging Aqiqah Ke Non Muslim ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabakaratuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, diantara ayah bunda mungkin ada yang bertanya tanya bolehkah kita memberikan daging aqiqah ke non muslim ? Berikut adalah penjelasannya .

Sejatinya kita harus mengetahui dahulu bahwa pembagian hewan aqiqah dibagi menjadi tiga. Satu pertiga untuk keluarga sendiri, satu pertiga untuk sedekah, dan satu pertiga untuk hadiah. Dari keterangan ini ditegaskan bahwa daging hewan hasil aqiqah tidak dianjurkan dimakan semuanya oleh kita sendiri. Namun sebagian ada yang lebih bagus diberi kepada orang lain terutama seperti fakir miskin. Yang jadi pertanyaan kemudian bagaimana jika dijumpai non muslim ? apakah dibolehkan kita memberikan hasil aqiqah kepadanya ?

Baca Juga : BOLEHKAH MEMAKAN DAGING AQIQAH ANAK SENDIRI ?

Dr Husamuddin dalam bukunya yang berjudul Ensiklopedia aqiqah mengatakana, sebagian ulama menganggap makruh memberikan makan orang dengan daging hewan aqiqah. Dalam kitab Al-‘Utbiyyah pada kajian pertama periwayatan Asyhab Kitab Qurban disebutkan,”Aku bertanya kepada beliau (Imam Malik) tentang hewan qurban dan aqiqah. Bolehkah membagikannya kepada orang Nasrani atau orang non muslim lainnya ?” Beliau menjawab,”Aku belum pernah mendengarnya. Tetapi aku lebih suka apabila tidak dibagikan kepada mereka sedikitpun.” (Mawahib al Jalil 4/393)

Dinukilkan juga dari Imam Malik bolehnya hal itu dilakukan pada hewan qurban. Sementara aqiqah dianalogikan kepadanya. (Mawahib al Jalil 4/393)

Dr Husamuddin mengatakan tidak adanya alasan dilarangnya memberi makan ahlu Dzimmah dari hewan aqiqah. Terutama jika mereka miskin, tetangga atau masih memiliki hubungan kekerabatan.

Kesimpulan Memberikan Daging Aqiqah Ke Non Muslim

 

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa memberikan hasil daging aqiqah kepada saudara non muslim tidak apa apa yah ayah bunda. Mengingat juga tidak nash yang secara tegas melarang. Selain itu juga memberikan daging hasil aqiqah kepada saudara kita yang non muslim juga bisa menjadi syiar islam agar mereka juga menjadi tertarik dengan ajaran islam. Jadilah agama yang rahmatan lil alamin. Demikian apa yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat !

Hastag :  daging aqiqah ke non muslim , memberi aqiqah ke non muslim , pembagian aqiqah , as shidiq aqiqah , paket aqiqah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×