29 Maret 2021

Lebih Dahulu Aqiqah Atau Mencukur Rambut Bayi ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Diantara ayah bunda mungkin ada yang bertanya manakah yang harus didahulukan menyembelihan hewan aqiqah atau mencukur rambut bayi ? Nah untuk membahas masalah ini berikut adalah pemaparannya.

Penjelasan Aqiqah Dahulu Atau Mencukur Rambut Bayi

Ada dua pendapat ulama di kalangan para ulama dalam masalah ini.

Pendapat pertama, sekelompok ulama memandang bahwa  menyembelih hewan aqiqah dilakukan sebelum rambut kepala bayi. Al Baghawi mengatakan,”Dianjurkan untuk mencukur rambut kepala bayi setelah menyembelih hewan aqiqah.” (At Tahzib 8/50)

Imam an Nawawi mendukung pendapat ini. Beliau berkata,”Apakah mencukur rambut dilakukan sebelum menyembelih ? Ada dua pendapat yang benar dan ditegaskan oleh penulis, al Baghawi, al Jurjani dan lain lain adalah disunnahkannya mencukur rambut setelah menyembelih hewan aqiqah. “

Ulama yang berpegang pada pendapat ini menggunakan dalil hadits berikut ini, Dari Samurah Rasulullah bersabda, “Setiap anak tergadaikan pada aqiqahnya , disembelihkan hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama.”

Al Hafizh Ibnu Hajar membawakan riwayat lain untuk hadis diatas dari Abusy Syaikh dengan lafal, “Disembelihkan pada hari ketujuh kelahirannya, kemudian dicukur rambutnya.” (Fathul Bari 12/13)

Baca Juga : 3 SYARAT SAH AQIQAH MENURUT ULAMA

Hal ini dibuktikan oleh hadis Aisyah ra ,”Rasulullah mengaqiqahi Hasan dan Husain pada hari ketujuh kelahiran mereka, memberi nama dan memerintahkan agar kotoran di kepala mereka dihilangkan (rambutnya dicukur).” (Tharhut Tatsrib 5/213)

Bukti yang lain adalah atsar yang diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dari Ibnu Juraij berkata,”Dimulai dengan menyembelih, kemudian mencukur rambut.” (Mushannaf ‘Abdurrazzaq 4/333)

Pendapat Kedua, Dimulai dengan mencukur rambut, kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan aqiqah. Pendapat ini dinukilkan dari Atha’, ‘Abdurrazzaq meriyawatkan dari Atha’ berkata,”Dimulai dengan mencukur rambut sebelum menyembelih.” (Mushannaf ‘Abdurrazaq 4/333) Ar Rauyani menukilkan ini juga dari Imam asy Syafi’i. (Al Majmu’ 8/433)

Nah itulah pemaparan dari para ulama mengenai menyembelih hewan aqiqah dahulu atau mencukur rambut bayi terlebih dahulu. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat ! aamiin insya Allah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×