27 April 2021

Inilah 7 Tips Mendidik Anak Perempuan Secara Islami

( Artikel | Inilah 7 Tips Mendidik Anak Perempuan Secara Islami ) - Assalammualaikum warahmatuhllahi wabarakatuh ayah bunda sahabat (akikah) as shidiq aqiqah, Di zaman jahiliyah dahulu memiliki anak perempuan dianggap adalah sebuah kehinaan dan aib. Tetapi ketika islam datang semua itu berubah, Memiliki dan merawat anak perempuan ataupun laki-laki adalah sebuah kemuliaan. Sebab keduanya merupakan anugerah terindah yang telah Allah SWT titipkan kepada kita, ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah.

Dalam islam mendidik anak itu kita tidak cukup hanya memberi contoh tetapi juga harus bisa jadi contoh. Sebab anak mudah belajar dari melihat dan mendengar.

Islam meletakkan perhatian yang luar biasa terhadap perempuan.Ada sebuah hadits dari Rasulullah, jika ada orang tua yang diuji dengan dua orang putri, kemudian bersabar dan mendidiknya maka mereka bisa menjadi penghalang dari api neraka.

Hal ini bertujuan agar ayah dan bunda dapat membesarkan anak perempuan menjadi generasi yang salehah. Rasulullah pernah mengatakan bahwa penduduk terbanyak di neraka adalah kaum perempuan. Sebab, perempuan memiliki sifat yang mudah terjerumus ke dalam hal-hal buruk.

Nah, Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah berikut adalah Inilah 7 tips mendidik anak perempuan secara islami dari yang berhasil kami rangkum
  1. Ajarkan Tauhid

Ajarkan anak tauhid, amal itu ada lima tingkatan, diantaranya adalah amalan penentu yakni tauhid.. Ajarkan pada anak untuk mengucapkan kalimat Lailaha illaallah dengan cara berulang-ulang, sehingga anak menjadi terbiasa dan familiar untuk mendengarkannya.

Dari Ibn Abbas dijelaskan Rasullullah SAW bersabda:

"Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat "Lailaha-illaallah". Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, "Lailaha-illallah. Sesungguhnya barang siapa awal dan akhir pembicaraannya "Lailah-illallah", kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya."

  1. Ajarkan Ilmu Agama

Ilmu agama yang dimaksud ialah salat, puasa, serta mengaji, Bunda. Tidak perlu menunggu anak perempuan untuk dewasa terlebih dahulu untuk belajar agama.

Karena mengajarkan anak pada ilmu agama ini sebaiknya sejak dini, bahkan saat usianya masih balita. Sebagai contohnya, Bunda bisa mengajarinya menghafal al fatihah, membaca iqro dan juga dengan menyekolahkannya ke madrasah mengaji.

Sedangkan untuk ilmu salat dan puasa, meskipun kewajibannya dilakukan saat ia telah baligh, Bunda bisa memulai mengajarkan sejak kecil. Ajari secara bertahap, mulai dengan cara berwudu, mengenalkan tentang arah kiblat, serta beberapa bacaan hingga gerakan salat.

Jangan lupa juga untuk mengajarkan ia doa doa seperti doa solat, dzikir, dan juga doa doa amalan-amalan harian lainnya.

  1. Ajarkan Bakti Pada Orangtua

Ajarkan ia untuk berbakti kepada orangtuanya sebab diantara azab yang Allah segerakan tanpa menunggu diakhirat diantaranya adalah durhaka kepada orangtua. Kontan balasannya.

  1. Ajarkan Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Dalam mendidik anak perempuan, jangan lupa juga untuk mengajarkannya hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, menyapu, memasak, dll. Bukan berarti kita sedang menyiapkannya menjadi seorang “pembantu” tetapi kita melatih agar anaknya nanti punya kenangan yang baik dengan bundanya. Punya memori yang bagus bahwa bundanya suka memasakinya, mencucikan baju-bajunya, jadi anak akan mengenang bundany sebagai seorang yang punya jasa besar terhadap kehidupannya.

       5. Berikan Pendidikan

Meskipun kelak berumah tangga saat menikah jangan lupakan pendidikan terhadap anak perempuan. Mengapa ? Ya, sebab bunda adalah madrasah pertama bagi anak. Alkisah ada orang bijak yang pernah ditanya.. mana yang kau pilih mendidik seorang lelaki atau seorang perempuan ? kemudian ia menjawab yang aku akan didik adalah anak perempuan. Sebab ketika engkau mendidik seorang lelaki hanya satu orang itu saja. Tetapi ketika engkau mendidik satu orang perempuan engkau sedang menyiapkan satu buah generasi baru.

       6. Ajari Menutup Aurat

Ajari anak untuk belajar menutup aurat, sebab Allah dan rasulnya yang menyuruh demikian. Dengan menyuruh anak menutup aurat, berjilbab, maka sesungguhnya anak tidak hanya sedang menyelamatkan dirinya tetapi juga orang lain dari potensi yang bisa terjadi akibat aurat yang tersingkap.

       7. Mengajarkan Adab dan Pergaulan Yang Baik

Orang tua harus memberitahu tentang batasan bergaul dengan laki-laki, menjaga pandangannya serta berpenampilan tidak menyerupai laki-laki.

ketika anak perempuan berusia 7-10 tahun maka dekatkan dengan bundanya untuk mengenal seksualitasnya, bangga dengan bundanya dan tahu apa yang dilakukan dan dikenakan  untuk dipelajari. Dan ketika menjelang baligh dekatkan dengan Ayahnya.

Karena apabila anak perempuan dekat dengan ayahnya, maka sang ayah akan menjadi idolanya serta anak perempuan akan menjadi sosok yang tangguh dan tidak mudah digoda laki-laki lain

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Inilah 7 Tips Mendidik Anak Perempuan Secara Islami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram