24 Maret 2021

Bolehkah Memakan Daging Aqiqah Anak Sendiri ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, diantara ayah bunda mungkin ada yang bertanya-tanya bolehkah gak sih memakan daging aqiqah anak sendiri ?

Pembagian Daging Aqiqah

Hukum hewan aqiqah setelah disembelih menurut para ulama sama dengan hukum hewan qurban dari sisi pemanfaatannya. Berikut ini adalah perkataan sebagian ulama tentang pemanfaatan daging hewan aqiqah setelah disembelih.

Al Hasan al Bashri mengatakana,”Dading aqiqah diperlakukan persis seperti daging qurban.” ( Al Mhalla 4/237)

Atha’ mengatakan,”Anggota keluarga boleh mengonsumsi daing aqiqah dan membagi-bagikannya. Demikianlah Rasulullah memerintahkan. Kalau mau juga menyedekahkannya tidak apa apa.” (Al Muhalla 4/237)

Masih dari Atha’,”Daging aqiqah dimasak dengan air dan garam dan dibagi-bagikan kepada para tetangga tapi tidak boleh disedekahkan.” (Al Muhalla 4/240 , Fathul Malik 7/109)

Ibnu Juraij mengatakan,”Dimasak sepotong demi sepotong, kemudian dikonsumsi sendiri dan dibagi-bagikan tapi tidak boleh di sedekahkan. Semua ini hukumnya mubah, bukan wajib.” (Al Muhalla 4/234)

Baca Juga : INILAH 6 HIKMAH AQIQAH YANG AYAH BUNDA WAJIB TAHU !

Ibnu Hazm mengatakan,”Dikonsumsi, dibagikan, dan disedekahkan. Semua ini hukumnya mubah, bukan wajib.”

Al Hafizh Ibnu Abdil Barr mengatakan,”Kemudian diperlakukan seperti daging qurban, dikonsumsi, disedekahkan dan dibagi-bagikan kepada para tetangga. Hal ini diriwayatkan dari Aisyah dan merupakan pendapat mayoritas ulama. Daging hewan aqiqah dibagi menjadi tiga bagian satu bagian untuk keluarga, satu bagian untuk sedekah, dan satu bagian untuk dibagi-bagikan.”

Al Kharaqi mengatakan ,” Cara memperlakukannya dalam mengonsumsi, membagi-bagikan dan menyedekahkan sama seperti caranya.” Yaitu sama seperti cara memperlakukan daging qurban (Al Mughni 9/463)

Selain itu imam an Nawawi juga mengatakan,”Dianjurkan untuk mengonsumsi, menyedekahkan dan membagi-bagikannya seperti yang kami nyatakan pada hewan qurban. “(Al Majmu’ 8/430)

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa para ulama mayoritas membolehkan memakan daging aqiqah anak sendiri . Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi ayah bunda sekalian. Aaamiin…

Hastag : paket aqiqah , jasa aqiqah , hukum aqiqah , as shidiq aqiqah , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah tangsel , paket aqiqah jaksel , paket aqiqah bintaro , paket aqiqah praktis

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram