23 Maret 2021

16 Contoh Nama - Nama Yang Dilarang Dalam Islam !

Assalammulaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai nama – nama yang dilarang digunakan dalam islam . Dalam ajaran islam ada loh ayah bunda nama-nama yang tidak diboleh gunakan. Adapun nama-nama yang dilarang dalam syari’at islam adalah nama – nama yang bermakna buruk dan nama-nama yang disembah, selain Allah SWT. Para ulama sepakat mengenai larangan memakai nama yang mengandung makna yang buruk karena nama adalah doa sekaligus harapan atas yang bersangkutan.

Selain itu, kelak nama seseorang akan dipanggil pada hari kiamat. Oleh karena itu, Rasulullah memberikan petunjuk yakni hendaklah memilihkan nama untuk anak yang tidak mengandung makna-makna buruk ataupun sesuatu yang tidak layak untuk manusia.

Sesungguhnya rasulullah mengubah nama-nama yang mengandung makna kesyirikan pada Allah menjadi nama-nama islami, dari nama-nama kufur menjadi nama-nama yang bermakna kebaikan. Diriwayatkan Aisyah r.a ia berkata :

“Sesungguhnya, Rasulullah mengubah nama-nama yang buruk menjadi nama-nama yang baik.” (HR at Tirmidzi)

Baca juga : PENTINGNYA MEMBERI NAMA YANG BAGUS UNTUK ANAK !

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah bersabda,”Dahulu mereka suka memakai nama para nabi dan orang-orang saleh yang hidup sebelum mereka.” (HR Muslim)

Berikut adalah contoh nama-nama yang dilarang dalam islam

 

Abkam : tidak dapat melihat

Baghiyah : Zalim

Daniyah : Lemah

Fajirah : Jahat , berdosa

Ghamithah : Tidak bersyukur

Haiqal : Tengkorak

Haqidah : Dengki

Khali’ah : penurut hawa nafsu

Laimah : Tercela

Razilah : Keji,hina

Yaisah : Kering, tidak ada kebaikan

Safilah : Rendah, hina

Qabihah : Bodoh

Jariyah : Pesuruh perempuan

Zaniyah : Pezina Perempuan

Syarisah : akhlak yang buruk

Nah itulah beberapa contoh nama-nama yang dilarang digunakan di islam dan masih ada banyak contoh lainnya. Demikian apa yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi ayah bunda sekalian. Aamiin.. Insya Allah

hastag : as shidiq aqiqah , parenting islami , nama bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×