18 Maret 2021

Bacaan Ketika Menyembelih Hewan Aqiqah

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ayah bunda sudah tahu belum bacaan ketikan menyembelih hewan aqiqah yang sesuai sunnah ? Berikut pemaparannya.

Pertama-tama wajib membaca basmalah ketika menyembelih hewan aqiqah, sama seperti ritual penyembelihan lainnya. Sebab, membaca basmalah hukumnya wajib ketika melakuan ritual penyembelihan menurut hampir seluruh ulama. Para ulama penganut mazhab syafi’I memandang hukumnya sunnah mengucapkan basmalah dalam ritual penyembelihan hewan. Si penyembelih atau jagal disunnahkan membaca

Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilayka, hadzihi ‘aqiqatu fulan.

“Dengan Nama Allah, Allah Mahabesar. Ya Allah, ini adalah untukMu dan aku persembahkan kepadaMu. Ini adalah aqiqahnya si Fulan.”

Dalil Bacaan Ketika Menyembelih Hewan Aqiqah

 

Bacaan ini disebutkan dalam hadis Aisyah r.a :

Bahwasannya Rasulullah mengaqiqahi  Hasan dan Husain. Beliau bersabda, “Ucapkanlah Bismillah wallahu akabar, Allahumma laka wa ilayka, hadzihi ‘aqiqatu fulan (Dengan Nama Allah. Allah Mahabesar. Ya Allah, ini adalah untukMu dan aku persembahkan kepadaMu. Ini adalah aqiqah si Fulan.” (Hr al Baihaqi).

Imam an Nawawi berkomentar, “Sanadnya hasan” Dalam riwayat yang lain  dari Aisyah ra berkata :

Rasulullah mengaqiqahi Hasan dan Husain masing-masing dua ekor kambing pada hari ketujuh kelahiran mereka, memberi nama dan memerintahkan agar kotoran di kepala mereka dihilangkan (rambutnya dicukur). Beliau bersabda, “Sembelihlah dengan nama Nya. Ucapkanlah : Bismillah, Allahu akbar minka wa laka, hadzihi aqiqatu fulan (Dengan nama Allah, Allahu Akbar, (Sembelihan ini) dari Mu dan untuk Mu. Ini adalah aqiqah si Fulan)…”

Al Haitsami mengatakan,”Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan al Bazzar secara singkat. Para perawinya adalah apara perawi kitab Ash Shahih selain Syaikhnya Abu Ya’la yang bernama Ishaq. Saya tidak mengenalnya.” (Majma’uz Zawa’id 4/58)

Tetapi, tidak perlu diucapkan dengan lidah. Ibnu Mundzir mengatakan, “Apabila berniat aqiqah tanpa mengucapkannya, aqiqahnya sah insya allah.” (Tuhfatul Maudud, hal  74).

Hastag : Jasa Aqiqah , Paket Aqiqah , Bacaan Aqiqah , Sunnah Aqiqah , Doa Aqiqah

Baca Juga :

 

AQIQAH DIGANTI SEDEKAH , BOLEHKAH DALAM ISLAM ?

INILAH WAKTU TERBAIK PELAKSANAAN AQIQAH !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×