3 Juni 2021

Anak Suka Berbohong ? Coba Instropeksi Diri Ayah Bunda

(Artikel | Anak Suka Berbohong ? Coba Instropeksi Diri Ayah Bunda) - Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda as shidiq aqiqah. Memiliki anak yang berperilaku mulia seperti jujur dan tidak suka berbohong tentunya adalah sesuatu yang sangat kita inginkan bukan? Tapi mungkin ayah bunda sedang dihadapkan pada kondisi anak yang kerap berbohong manakala ayah bunda menelusuri apa yang anak katakan tidak sesuai fakta.

Ulasan Anak Suka Berbohong ? Coba Instropeksi Diri Ayah Bunda

Apa sih sebabnya ?

Ayah bunda yang bijaksana, kita harus sepakat bahwa berbohong itu tindakan kejahatan level atas. Mengapa demikian? Mari kita lihat bagaimana kondisi bangsa ini, berapa banyak orang yang melakukan korupsi? Dan perbuatan itu diawali dengan kebohongan.

Berbohong adalah awal dari segala kerusakan dan hanya membawa kita pada keburukan. Oleh karean itu jika anak berbohong kita wajib untuk mencari tahu penyebabnya karena khawatir itu akan menjadi kebiasaan.

Tekankan pada anak bahwa berbohong ketika anak suka berbohong adalah kebiasaan yang paling buruk. Selain itu, orangtua perlu menegosiasikan ulang segala sesuatu yang membuat anak berbohong. Sebagai contoh daripada anak berbohong karena makan atau susunya tidak habis sebaiknya ya dikurangi porsinya.

Faktor Pertama

Kalau anak suka berbohong dari pengalaman yang sudah-sudah anak berbohong karena mencontoh orang-orang terdekatnya, siapa pun dan sekecil apapun kebohongan itu. Salah contoh kebohongan kecil yang biasa terjadi, ketika ada seseorang mengetuk pintu rumah lalu ternyata yang datang adalah pengemis.

Orangtua pun berkata kepada anaknya,”Dek.. bilang bunda nggak ada ya.” Hayoo ayah bunda kerap melakukan hal tersebut tidak? Lepas dari sadar atau tidak

Baca Juga :

Dan masih banyak lagi contoh berbohong kecil lain yang tanpa disadari dilakukan orang-orang terdekat anak sehingga secara tidak langsung mengajarkan anak berbohong. Jadi faktor pertama anak berbohong karena ada yang dicontoh. Kecil kemungkinan anak tiba-tiba suka berbohong.

Faktor Kedua

Sering kali orang selalu ingin jawaban yang bagus dari anaknya dan tidak siap dengan jawab yang jelek dari anak. Misal ayah bunda selalu ingin mendengar agar anak ketika ujian mendapat nilai bagus sedangkan ketika anak nilai ujiannya buruk menghakimi dia. Karena sikap ayah bunda yang tidak bijaksana bisa memicu anak bertindak bohong seperti nantinya mencontek saat ujian.

Sehingga alam bawah sadar anak seolah menangkap bahwa nilai di atas segalanya dibandingkan dengan akhlak yang mulia.

Faktor Ketiga

Kejujuran dibalas dengan emosi. Saat anak berkata jujur dan orangtua membalasnya dengan emosi maka saat itu anak akan berpikir kalau ia jujur malah akan dimarahi orangtuanya. Jadi daripada dimarahi lebih baik ia berbohong. Anak itu ketika berbohong ia tidak berniat jahat tetapi hanya ingin aman. Sikap ayah bunda yang membuat tidak nyaman anak saat emosi itu yang bisa memicu anak untuk berbohong.

Lalu Apa Solusinya ?

Kalau penyebabnya karena ada yang dicontoh maka yang mencontoh harus merubah sikapnya. Jika ayah bunda pernah melakukan kebohongan kecil maka rubahlah sikap itu. Jadi juga harus ada komitmen dari orangtua untuk merubah sifatnya.

Untuk faktor kedua solusinya ayah bunda harus bijak dalam menyikapi . Jelaskan bahwa akhlak mulia tetap di atas segalanya. Nasehati yang penting adik sudah belajar berdoa. Tanamkan pemahaman ini agar anak jangan sampai menggadaikan akhlak mulia demi sebuah reputasi belaka.

Untuk solusi faktor ketiga, janganlah emosi ketika anak telah berkata jujur. Bagaimanapun kesalah anak kesalahan kita juga dimasa lalu. Jawaban buruk mereka adalah kesalahan kita.

Kalau sudah diketahui sebab dan solusinya tapi anak masih melakukan kebohongan saat itu juga kita buat konsekuensinya. Jadi kalau ia bohong konsekuensinya langsung dilakukan. Konsistenlah agar anak paham bahwa berbohong adalah hal buruk dan tidak patut dilakukan.

Demikianlah artikel kami mengenai Anak Suka Berbohong ? Coba Instropeksi Diri Ayah Bunda , semoga bermanfaat

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta,

Anak Suka Berbohong ? Coba Instropeksi Diri Ayah Bunda

akikah aqiqah aqiqah anak kembar aqiqah anak yatim aqiqah bergaransi aqiqah diri sendiri dalam islam aqiqah hari ke 7 aqiqah jakarta aqiqah jakarta selatan aqiqah jaksel aqiqah murah aqiqah petukangan aqiqah praktis aqiqah rekomendasi aqiqah terbaik aqiqah terdekat aqiqah terpercaya as shidiq aqiqah bolehkah aqiqah diri sendiri ? cabang as shidiq aqiqah cara aqiqah anak kembar hikmah aqiqah hukum aqiqah hukum aqiqah diri sendiri hukum hakim anak kembar hutang aqiqah jasa aqiqah jasa aqiqah jakarta manfaat aqiqah nama bayi islami paket aqiqah paket aqiqah bekasi paket aqiqah bintaro paket aqiqah depok paket aqiqah jakarta paket aqiqah jaksel paket aqiqah murah paket aqiqah tangerang parenting islami pelaksanaan aqiqah anak yatim popmama rahasia aqiqah rangkaian aqiqah sunnah aqiqah waktu aqiqah

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram