15 Juni 2021

5 Bahaya Mengintai Duduk W-Sitting Pada Anak !

5 Bahaya Mengintai Duduk W-Sitting Pada Anak !

(Artikel | 5 Bahaya Mengintai Duduk W-Sitting Pada Anak !) -Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ketika si kecil mulai berusia 3 tahun mungkin ayah bunda melihat ia duduk dengan posisi duduk w-sitting. Ya, ketika anak mulai sering duduk dengan posisi ini cobalah instruksikan anak untuk tidak melakukannya. Sebab ada 4 bahaya yang dapat mengintai anak dengan posisi duduk ini.

Ulasan 5 Bahaya Mengintai Duduk W-Sitting Pada Anak !

Kaki dan tubuh lemah

Posisi duduk W membuat tubuh dan kaki anak tidak benar-benar menopang dengan kuat. Dalam posisi ini, beban sepenuhnya terletak di otot kaki sehingga pusat gravitasi pun lebih rendah. Jika anak terus duduk dengan posisi ini dikhawatirkan ini berdampak pada kondisi ototnya.

Baca Juga :

Hip dysplasia

Duduk dengan posisi kaki seperti huruf W akan meningkatkan risiko dislokasi panggul. Kok Bisa? Ya, W-sitting secara internal berarti memutar pinggang sedemikian rupa sehingga mengarah keluar dari persendian. Ini akan menjadi lebih berisiko bagi anak yang sebelumnya sudah memiliki masalah persendian.

Gangguan ortopedi

Terlalu sering berada dalam posisi duduk W juga bisa menyebabkan otot di area kaki dan pinggang menjadi tegang. Jenis otot yang paling sering terdampak adalah hamstring, hip adductor, dan juga tendon Achilles.Konsekuensinya, rentang gerakan normal menjadi terhambat. Ini akan berdampak pula pada kemampuan koordinasi dan keseimbangan si kecil.

Koordinasi bilateral

Bisa jadi, posisi duduk W adalah tanda ketika anak menghindari koordinasi atau gerakan mandiri sisi tubuh kanan atau kiri mereka. Posisi ini justru membatasi gerakan tubuh bagian atas sekaligus kemampuan menggapai area di luar tubuh secara leluasa.Contohnya, anak lebih memilih mengambil benda di sisi kanan tubuhnya hanya dengan tangan kanan, begitu pula sebaliknya. Rentang geraknya menjadi terbatas.Anda bisa melihat apakah ada masalah koordinasi bilateral ini lewat aktivitas yang memerlukan koordinasi motorik kanan dan kiri. Contohnya seperti menggunting, mengikat tali sepatu, berlari, atau melompat.

Sulit duduk di posisi lain

Posisi duduk W juga berpotensi menimbulkan masalah apabila anak memiliki keluhan saraf seperti cerebral palsyDalam jangka panjang, duduk dengan kaki membentuk huruf W bisa menyebabkan otot semakin tegang bahkan menyulitkan duduk di posisi lain. Contohnya, anak mengalami kesulitan menggerakkan kedua kaki mereka berjauhan atau ke arah berlawanan. Selain itu, mungkin juga muncul kesulitan memutar paha ke arah luar.

Ada beberapa alternatif selain posisi duduk W yang aman untuk anak, seperti:

  • Bersila (dengan mengganti sisi kaki mana yang berada di atas)
  • Bersila dengan kedua telapak kaki bertemu (tailor-sitting)
  • Duduk menyamping
  • Kedua kaki terjulur ke depan (selonjor)
  • Berlutut
  • Jongkok

Ketika meminta anak untuk tidak duduk dalam posisi W pun, orangtua perlu tahu cara efektif berkomunikasi. Jangan serta merta melarang mereka duduk di posisi itu karena tidak diketahui apa alasan larangannya.

Demikianlah artikel kami mengenai 5 Bahaya Mengintai Duduk W-Sitting Pada Anak ! semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

5 Bahaya Mengintai Duduk W-Sitting Pada Anak !

akikah aqiqah aqiqah anak kembar aqiqah anak yatim aqiqah bergaransi aqiqah diri sendiri dalam islam aqiqah hari ke 7 aqiqah jakarta aqiqah jakarta selatan aqiqah jaksel aqiqah murah aqiqah petukangan aqiqah praktis aqiqah rekomendasi aqiqah terbaik aqiqah terdekat aqiqah terpercaya as shidiq aqiqah bolehkah aqiqah diri sendiri ? cabang as shidiq aqiqah cara aqiqah anak kembar hikmah aqiqah hukum aqiqah hukum aqiqah diri sendiri hukum hakim anak kembar hutang aqiqah jasa aqiqah jasa aqiqah jakarta manfaat aqiqah nama bayi islami paket aqiqah paket aqiqah bekasi paket aqiqah bintaro paket aqiqah depok paket aqiqah jakarta paket aqiqah jaksel paket aqiqah murah paket aqiqah tangerang parenting islami pelaksanaan aqiqah anak yatim popmama rahasia aqiqah rangkaian aqiqah sunnah aqiqah waktu aqiqah

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram