19 Juli 2021

Yuk, Ajarilah Anak Konsep Benar Dan Salah Sejak Dini !

Yuk, Ajarilah Anak Konsep Benar Dan Salah Sejak Dini !

(Artikel | Yuk, Ajarilah Anak Konsep Benar Dan Salah Sejak Dini !) - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Mengajari anak agar bisa membedakan hal yang benar dan salah merupakan salah satu pelajaran pendidik karakter yang penting untuk anak. Karena ketika anak mampu membedakan antara yang salah dan yang benar, hal tersebut nantinya dapat membuat anak menjadi bijaksana ketika akan mengambil keputusan.

Ulasan Yuk, Ajarilah Anak Konsep Benar Dan Salah Sejak Dini !

Selain itu mengajari anak agar mengetahui yang benar dan salah adalah perintah dari Allah dan rasululnya. Karena bagaimanapun anak adalah amanah dan kita akan dimintai pertanggung jawaban kelak.

Dengan mengajari anak mana yang boleh dan tidak boleh, benar dan salah kita juga sedang mendidik anak agar tidak lari dari fitrah.

Baca Juga :

Ayah Bunda bisa mengajarkan konsep boleh tidak boleh, benar dan salah dengan cara berikut :

1. Boleh dan Tidak Boleh

Cara ini dinilai lebih mudah diterima, dimengerti, dan dijalankan oleh si kecil daripada memberikannya konsep benar dan salah secara langsung. 

Misalnya, ketika anak suka membuang makanan yang tidak disukainya. Bunda bisa berkata, “Sayang, tidak boleh ya membuang makanan karena itu perbuatan yang tidak baik dan ayah bunda tidak suka itu ” Dengan menegur anak si anak akan memproses di alam berpikirnya bahwa yang ia lakukan adalah tindakan yang tidak boleh dilakukan sehingga juga akan tertanam di dalam pikirannya. Tapi jangan lupa ketika hendak melarang anak untuk juga memberinya penjelasan yang kongkrit ya, Ayah Bunda.

2. Beralih ke Konsep Sederhana Benar dan Salah

Setelah si kecil bisa menyerap konsep boleh dan tidak boleh, Disini ayah bunda bisa mencoba untuk memperkenalkan konsep benar dan salah dalam skala yang sangat sederhana dan mudah dimengerti untuk anak.

Sebagai contoh misalnya Ayah Bunda bisa meminta anak untuk duduk manis saat main ke rumah kerabat atau tetangga. Katakan saja jika membuat kegaduhan adalah tindakan yang tidak baik dan tidak sopan

3. Jangan Lupa Beri Pujian Sebagai Rewards

Ketika si kecil telah bersikap manis dan baik, Ayah Bunda juga jangan lupa untuk menghargai perilaku mereka. Ya, ayah bunda bisa memberikan sedikit hadiah (reward) kepada mereka, Tidak harus berupa barang, tetapi Ayah Bunda bisa melakukannya dengan pujian atau sedikit pelukan.

4. Panduan Sederhana Konsep Benar dan Salah Sesuai Usia

Ketika hendak akan menanamkan konsep benar dan salah perhatikan juga usia si kecil yah ayah bunda agar tidak terlalu buru-buru dalam menerapkan konsep ini, Ayah Bunda bisa mencatat  tingkatan kesadaran si kecil untuk menyerap konsep benar dan salah sesuai dengan usianya yah.

a. Usia 18-36 bulan

Pada tahapan ini si kecil hanya mengetahui konsep bersenang-senang dan bermain ayah bunda. Nah, untuk menerapkan kosep benar dan salah di usia ini Bunda bisa mengacu kepada konsep awal yaitu boleh dan tidak boleh.

b. Usia diatas 3 tahun

Di usia ini si kecil sudah terbilang cukup matang untuk menerima konsep benar dan salah. Di sini, Bunda bisa mendorong mereka untuk meminta maaf jika mereka berbuat salah, dan memberikan hadiah jika mereka bersikap manis.

Nah demikianlah artikel kami pada hari ini mengenai Yuk, Ajarilah Anak Konsep Benar Dan Salah Sejak Dini ! semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

Yuk, Ajarilah Anak Konsep Benar Dan Salah Sejak Dini !

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram