10 Agustus 2021

Siapakah Yang Paling Berhak Dalam Memberikan Nama Anak ?

Siapakah Yang Paling Berhak Dalam Memberikan Nama Anak ?

(Artikel | Siapakah Yang Paling Berhak Dalam Memberikan Nama Anak ?) - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ketika anak hendak akan lahir pasti ayah bunda akan berusaha mempersiapkan nama terbaik untuknya. Tidak jarang ayah bunda mungkin sering berdebat mengenai nama yang cocok untuk anak.

Ulasan Siapakah Yang Paling Berhak Dalam Memberikan Nama Anak ?

Kemudian yang menjadi pertanyaan memberi nama untuk anak sebetulnya hak siapa dalam islam? Serta bagaimana islam mengatur hal tersebut? Ya, berikut adalah penjelasannya

Baca Juga :

Merupakan suatu hal yang baik dan mulia jika Ayah, Bunda, orang tua atau mertua berusaha untuk ingin memberi nama yang baik untuk si kecil.

Adapun masalah pemberian nama secara fiqih jumhur ulama mengatakan bahwa yang paling utama berhak dalam memberi nama adalah ayah, demikianlah yang dikatakan oleh ibnu qayyim.

Adapun bunda baru berhak memberi nama jika ayahnya tidak ada, baik karena meninggal atau hilang atau tidak bertanggung jawab meninggalkan keluarga, atau hilang kesadaran akalnya, atau karena sebab lainnya maka yang berhak memberi nama anak adalah ibunya.

Ketika para sahabat dikaruniai seorang anak, mereka akan meminta pertimbangan Rasulullah dalam memberi nama. Tentu keputusan lalu kembali pada ayah si anak tersebut.

Walaupun itu adalah hak ayah bukan berarti Bunda tidak bisa mengusulkan nama, lho. Bahkan hal ini juga dicontohkan dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 36 tentang pemberian nama Maryam. Diceritakan bahwa Imran, ayah Maryam, telah meninggal saat anaknya lahir sehingga ibunya yang memberi nama.

Allah berfirman,

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ

Tatkala istri Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku telah melahirkan seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam.” (QS. Ali Imran: 36)

Walaupun secara fiqih memang ayah yang paling berhak alangkah bijaknya jika ayah bunda tetap bersmusyawarah yah dalam pemberian nama anak.

demikianlah artikel kami mengenai Siapakah Yang Paling Berhak Dalam Memberikan Nama Anak ? semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

Siapakah Yang Paling Berhak Dalam Memberikan Nama Anak ?

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram