21 April 2021

Perbaikilah Niat Dalam Mencari Nafkah Agar Derajat Naik

( Artikel | Perbaikilah Niat Dalam Mencari Nafkah Agar Derajat Naik ) - Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ketika menikah seperti yang diketahui bahwa tanggung jawab mencari nafkah ada pada suami. Sehingga suami yang paling bertanggung jawab atas keberlangsungan hidup keluarganya.

Penjelasan Perbaikilah Niat Dalam Mencari Nafkah Agar Derajat Naik

Sebagai umat rasulullah kita harus beruntung karena kebaikan dalam islam itu banyak. Sehingga seorang suami yang mencari nafkah untuk keluarganya dinilai ibadah oleh Allah selagi dijalani dengan jalan yang sesuai syariat.

Mungkin Sebagian orang menganggap bahwa mencari nafkah hanya untuk menggugurkan kewajiban saja. Itu adalah hal yang salah. Coba tatalah niat dalam mencari nafkah dengan baik.

Mengapa ? Ya, karena manusia hanya akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang ia niatkan. Jika kita hanya niatkan untuk menggugurkan kewajiban maka hanyalah sebatas itu yang kita dapat. Tapi kalau kita bisa menata niat dalam mencari nafkah untuk mencari ridhonya Allah, untuk bersedekah.

Maka janji Allah bagi orang yang mencari RIDHONYA dan SEDEKAH itu yang akan kita dapat. Sudahkah niat itu tertanam ?

Baca Juga : Tips Mengatasi Anak Yang Sulit Diatur

Berangkat dari sini, mari coba kita tanamkan mencari nafkah untuk mencari ridho Allah SWT. Karena ketika meniatkannya karena Allah berikut ini adalah keutamaan-keutamaan yang akan kita dapat :

  • Penggugur Dosa

Rasulullah bersabda “Diantara beberapa dosa terdapat dosa yang tidak bisa dihapus dengan solat,puasa, dan jihad kecuali hanya dengan usaha memberi nafkah pada keluarga.”

Rasulullah bersabda,”Jika dosa-dosa seorang hamba telah banyak maka Allah memberikan cobaan dengan keluarganya agar dapat menghapus dosa-dosanya.”

  • Mendapatkan Surga

Rasulullah bersabda,”Barang siapa yang memiliki 3 orang anak perempuan kemudian dia memberikan nafkah dan berbuat baik kepada mereka sampai Allah menjadikan mereka tidak lagi membutuhkan nafkah darinya, maka Allah mewajibkan surga baginya, kecuali jika dia melakukan sebuah perbuatan yang tidak ada ampunan baginya.”

Rasulullah bersabda ,”Seutama-utama dinar (uang) yang dikeluarkan oleh seorang lelaki adalah dinar yang dinafkahkan kepadanya keluarganya, begitu juga dinar yang dinafkahkan pada hewan yang dikendarainya di jalan Allah dan dinar yang dinafkahkan kepada teman-temannya di jalan Allah.”

  • Mendapat Pahala Yang Besar

Imam Abu Qilabah ra mengatakan,”Mulailah memberi nafkah kepada keluarga. Lelaki manakah yang pahalanya lebih besar dari lelaki memberikan nafkah kepada keluarganya yang masih kecil-kecil dengan tujuan memelihara mereka atau agar Allah memberikan manfaat kepada mereka dan mencukupkan mereka.”

  • Seperti Orang Yang Berjihad

Rasulullah bersabda,”Jika salah seorang dari kalian merasa susah dan gelisah semalam suntuk disebabkan memikirkan kondisi keluarga, maka bagi Allah itu lebih utama daripada 1000 tebasan pedang ketika berjuang di jalan Allah Dzat yang Maha Mulia lagi Maha Agung.”

  • Bernilai Sedekah

Rasulullah bersabda,”Jika seorang lelaki memberikan nafkah kepada keluarganya semata-mata karena Allah, maka nafkah tersebut menjadi sedekah baginya.”

Ayah sahabat as shidiq aqiqah jangan anggap memberi nafkah hanya sebagai bentuk menggugurkan kewajiban. Niatkan mencari nafkah sebagai sedekah juga saat menjalaninya. Ingat ! karena niat yang betul walau amalannya sederhana Allah bisa mengangkat derajat seseorang dan karena niat yang salah Allah juga bisa menghinakan seseorang walau dimata orang banyak amal yang dilakukan orang tersebut luar biasa.

  • Dibangkitkan Dalam Keadaan Mulia

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang mencari harta dunia dengan cara yang halal dan karena menjaga diri dari meminta-mita serta untuk mencukupi keluarganya dan karena kasihan terhadap tetanggnya, maka pada hari kiamat dia akan datang dengan wajah yang bersinar seperti rembulan pada bulan purnama. Dan barangsiapa mencari dunia karena menumpuk-numpuk harta, kesombongan dan pamer pada manusia, maka dia akan berjumpa dengan Allah pada hari kiamat dengan mendapatkan murka.”

Demikianlah apa yang kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi ayah bunda sekalian aamiin.. Insya Allah..

Referensi : Terjemah Kitab Qurrotul Uyun 

Sedang cari jasa aqiqah dan paket aqiqah terpercaya ? silahkan hubungi kami ! 

Hastag : jasa aqiqah , jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah depok , jasa aqiqah murah , jasa aqiqah terpercaya , jasa aqiqah bekasi , paket aqiqah , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah bekasi , paket aqiqah murah , paket aqiqah terdekat

Perbaikilah Niat Dalam Mencari Nafkah Agar Derajat Naik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram