25 Juni 2021

Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak !

Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak !

(Artikel | Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak !) - Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Sebagai orangtua kita harus mengetahui kesalahan-kesalahan umum yang kerap kali dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anak yah. Kenapa? Ya, karena bagaimana pun kesalahan itu nantinya akan berdampak kepada perilaku anak.

Ulasan Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak !

Agar jangan sampai menyesal seumur hidup maka perhatikan daftar kesalahan umum orang tua dalam mendidik anak

TIDAK MENJADI CONTOH YANG BAIK

Sebagai orangtua ayah bunda harus berperilaku yang baik. Karena bagaimanapun ayah bunda akan menjadi role model untuk anak. Jika ingin anak berperilaku baik maka ayah bunda juga harus dapat menjadi contoh yang baik untuk anak. Terapkan sikap yang baik dalam keseharian ayah bunda. Jika sikap atau kelakuan ayah bunda buruk, maka si kecil akan dapat menirunya. Disadari atau tidak. Ingat, anak adalah seorang peniru ulung.

Baca Juga :

SERING MEMBANDINGKAN ANAK

Patutu diketahui bahwa hobi mengkritik dan membandingkan si kecil juga menjadi kesalahan yang banyak dilakukan oleh orangtua. Ketika anak dikritik, tentunya rasa tidak enak akan dirasakan oleh si kecil. Mengkritik anak karena kesalahannua boleh hanya saja jangan terlalu berlebihan.

Adapun dampak jika kita terlalu mengkritik anak secara berlebihan ia nantinya akan bosan mendengar nasihat atau kritikan ayah bunda. Kalau sudah begitu akibatnya si kecil menjadi sulit diatur.

Tidak hanya mengkritik saja, banyak orangtua yang kerap kali membandingkan anaknya dengan anak lainnya. Memang sih tujuan ayah bunda baik, yaitu untuk memotivasi si kecil, namun hal ini justru akan dapat membuat rasa percaya dirinya hilang. Selain itu, jika ayah bunda membandingkan dengan memuji anak lain lebih baik dari anak ayah bunda, maka akan dapat membuat si kecil cemburu yang akan mengakibatkan si kecil melakukan tindakan yang tidak baik dan tercela.

MENANGGAPI PERKATAAN ANAK

Ketika ayah bunda memarahi anak, Barangkali si kecil membalas perkataan ayah bunda. Karena terpancing emosi, kemudian ayah bunda membalas balik perkataan si kecil.Tujuan ayah bunda untuk membuat anak diam, tetapi akan membuat suasana menjadi semakin keruh.

Dibanding menanggapi perkataan si kecil lebih baik ayah bunda tegas padanya. Ayah bunda bisa ucapkan kata penegasan pada si kecil. Lalu ayah bunda bisa mendisiplinkan anak dengan cara yang lebih efektif.

BEREAKSI TERLALU BERLEBIHAN

Ketika anak berbuat salah cobalah kontrol emosi ayah bunda jangan bereaksi berlebihan. Seperti membentak anak di muka umum. Karena hal itu dapat melukai harga dirinya sebagai seorang orang sehingga ia kehilangan harga dirinya.

MENUNTUT ANAK

Ingat yah ayah bunda setiap anak itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan menuntut anak untuk bisa ahli dalam segala hal. Karena bagaimanapun kita sebagai orangtua juga banyak kurangnya. Tidak adil rasanya jika kita saja sebagai orangtua banyak kurangnya tetapi menuntut anak hingga akhirnya ia merasa tertekan.

Oleh karenanya disini fungsi kita sebagai orangtua lebih ke membimbing mereka, sebagai tidak hanya sebagai orangtua tetapi juga sebagai kawan bagi mereka. Ketika anak memiliki kemampuan dalam bidang a maka yasudah support mereka agar ahli dalam bidang tersebut. Jangan sampai anak bisa melakukan semua hal tetapi tidak menjadi ahli dalam salah satunya.

MEMANJAKAN ANAK

Sebagai orangtua kita selain memberikan rasa kasih sayang jangan lupa juga untuk mengajarkan anak kemandirian serta tanggung jawab ya ayah bunda agar anak tidak menjadi sosok yang manja. Ayah bunda bisa memulainya dengan membagi piket kerja rumah dengan anak agar ia menyadari tanggung jawabnya sebagai anak.

TIDAK KONSISTEN

Kesalahan selanjutnya dalam mendidik anak yaitu tidak konsisten. Dalam suatu waktu ayah bunda sangat ketat terhadap peraturan, namun di lain waktu justru sikap ayah bunda tidak peduli terhadap apa yang dilakukan si kecil. Jika ayah bunda mendidik dengan cara seperti ini akan dapat membuat anak bingung dan sulit untuk bersikap. Terlebih lagi jika ayah bunda membiarkan anak melakukan apapun yang anak suka. Sikap seperti ini justru akan membuat anak sulit untuk diatur dan egois. Ayah bunda dapat mencoba menerapkan batasan atau aturan pada si kecil.

BERTENGKAR DI DEPAN ANAK

Sebagai orangtua kehidupan kita tidak lepas dari masalah. Namun demikian jangan tampilkan konflik permasalahan ayah bunda di depan anak. Khawatir itu dapat merusak mental anak. Seperti ayah bunda yang sedang ada masalah dengan pasangan mungkin. Jangan sampai percekcokan tersebut terjadi di hadapan anak.

MENGUKUR DENGAN MATERI

Jangan anggap ketika sebagai orangtua kita bisa memberi mereka materi tanggung jawab kita sebagai orangtua sudah cukup yah.. tidak ayah bunda. Bagaimanapun kasih sayang ayah bunda kepada anak adalah nomor satu. Seperti quality time bersama, kumpul keluarga bersama itu nantinya akan menjadi kenangan mereka hingga mereka dewasa. Tidak harus pergi keluar kota. Mengajak mereka jalan sore ketaman atau sekedar pergi jajan bersama di mini market juga bisa ayah bunda lakukan. Komunikasi kuncinya !

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak ! semoga bermanfaat !

Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak !


Hastag : Inilah 9 Kesalahan Umum Orangtua Dalam Mendidik Anak

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram