11 Oktober 2021

Kenalilah Bahaya Tathayyur Terhadap Keimanan Anak Kita

Kenalilah Bahaya Tathayyur Terhadap Keimanan Anak Kita

Kenalilah Bahaya Tathayyur Terhadap Keimanan Anak Kita - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Sebagai orangtua selain memberi nafkah kita juga memiliki tanggung jawab dalam mendidiknya terutama masalah agama. Salah satunya ialah mengajari anak tauhid. Ada beberapa hal yang dapat merusak tauhid dan aqidah anak loh. Diantaranya adalah masalah tathayyur yakni kebiasaan mengundi nasib. Misal orang dahulu suka menggunakan burung sebagai penanda jika terbang ke kanan bernasib baik ke kiri bernasib buruk.  

Ulasan Kenalilah Bahaya Tathayyur Terhadap Keimanan Anak Kita

Contoh lainnya adalah yang berkembang di masyarakat adalah jika ada yang bersin berarti ada yang membicarakan, jika ada cicak jatuh ke badan berarti mendapat rezeki, jika ada makanan jatuh berarti ada yang menginginkan dan kepercayaan-kepercayaan yang tidak ada dasarnya sama sekali.

Baca Juga :

Padahal Allah Subhanahu wa Ta’Ala berfirman,

أَلا إِنَّمَا طَائِرُهُمْ عِندَ اللّهُ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لاَ يَعْلَمُونَ

Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (QS. Al A’raaf: 131)

Tahukah ayah bunda bahwa perbuatan tathayyur ini bisa menjerumuskan anak pada perbuatan syirik dan kekufuran. Terdapat riwayat dari Ibnu Mas’ud rodhiallahu ‘anhu secara marfu’,

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، وماَ مِنَّا إلاَّ، وَلَكِنَّ اللّهض يُذْهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ

Tathoyyur adalah kesyirikan, tathoyyur adalah kesyirikan, dan tidak ada seorang pun dari kita kecuali (telah terjadi dalam dirinya sesuatu dari hal itu), akan tetapi Allah menghilangkannya dengan tawakal.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Ajarkan pada anak bahwa tidak ada satupun yang terjadi atau menimpa diri kita melainkan pasti atas izin Allah. Beritahu anak bahaya mengundi nasib terhadap kualitas iman mereka. Ajari anak apabila kita sedang berada dalam perkara yang sulit untuk memutuskan kita dianjurkan nabi berdoa,tahajud, atau sholat hajad, istikarah. Itu adalah sebaik-baiknya cara ketika hendak akan mengambil keputusan.

Semoga kita sekeluarga senantiasa medapat perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’Ala dan dijauhkan dari tathoyyur. Aamiin

Demikianlah artikel kami mengenai Kenalilah Bahaya Tathayyur Terhadap Keimanan Anak Kita semoga bermanfaat!

Kenalilah Bahaya Tathayyur Terhadap Keimanan Anak Kita

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram