10 Mei 2021

Bunda Ajarkanlah Anak Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

(Artikel | Bunda Ajarkanlah Anak Doa Sebelum dan Sesudah Tidur) - Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Dalam ajaran agama Islam, seluruh aktivitas hendaknya dilakukan dengan berdoa. Doa merupakan wujud dari memohon dan meminta kepada Allah SWT agar aktivitas yang akan dilakukan mendapat kemudahan.

Selain itu, doa juga sebagai bentuk ibadah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Ghafir ayat 60 yang artinya, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu perlu orangtua ajarkan pada anak-anak sejak dini. Salah satu doa yang mudah untuk diajarkan, yaitu doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

Berikut adalah ulasan bunda ajarkanlah anak doa sebelum dan sesudah tidur
  • Bacaan doa sebelum tidur dan artinya

Berikut bacaan doa sebelum tidur beserta artinya yang dapat Bunda sahabat as shidiq aqiqah dan Ayah ajarkan pada si Kecil.

Bismillahirrahmanirrahim.
Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Selain membaca doa, terdapat juga beberapa sunnah sesuai ajaran Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur, di antaranya:

  • berwudhu sebelum tidur,
  • membaca ayat kursi,
  • membersihkan tempat tidur,
  • meniup telapak tangan dan mengusapkannya ke anggota tubuh, dan
  • memosisikan tubuh ke bagian kanan saat tidur.

Baca Juga : 3 Pengetahuan Dasar Anak Belajar Mengelola Uang

 

  • Bacaan doa sesudah bangun tidur dan artinya

Muhammad bin'Abdullah bin Hafash At-Tusturi menceritakan kepada kami, Ya'qud bin Hamid bin Kasib menceritakan kepada kami, Syufan bin 'Uyainah menceritakan kepada Ibnu'Ajla (Muhammad) dari Sa'id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah R.A. dari Nabi SAW. Beliau bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, maka doalah: Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruh kepadaku, menyehatkan tubuhku, dan mempersembahkan aku untuk mengingat-Nya.”

Jadi, sudah sepatutnya kita memanjatkan doa ketika sesudah bangun tidur. Adapun bacaan doa sesudah bangun tidur dan artinya:

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Tidak hanya berdoa, Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya untuk melakukan adab-adab sesudah bangun tidur, yaitu:

  • duduk dan mengusap wajah,
  • membaca 10 ayat terakhir surah Ali Imran,
  • mencuci tangan,
  • membersihkan hidung,
  • bersiwak atau menggosok gigi, dan
  • berwudhu.

 

  • Keutamaan berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur

Anjuran untuk berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan, berikut di antaranya:

·         Manfaat berdoa sebelum tidur

Ketika tidur, manusia membutuhkan pertolongan dan pengamanan dari Allah SWT agar terhindar dari mimpi buruk dan tetap bisa bangun keesokan harinya. Maka, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita berbagai doa dan dzikir sebelum tidur untuk mendapatkan keamanan sepanjang terlelap.

Selain itu, membaca doa sebelum tidur dapat menjadi benteng bagi manusia untuk terhindar dari perbuatan buruk sebelum tidur.

Hal ini diterangkan dalam hadist yang berasal dari Jabir bin Abdullah, “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan syetan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan syetan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.”

·         Manfaat berdoa sesudah bangun tidur

Saat bangun tidur, hendaknya kita berdoa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk membuka mata dan menjalankan aktivitas harian dengan baik.

Berdoa sesudah bangun tidur juga melatih diri untuk selalu mengingat Allah SWT. Bahwasanya kita sebagai manusia bisa saja tidak dibangunkan kembali dari tidur.

Selain itu, membaca doa sesudah bangun tidur juga bernilai ibadah dan akan mendapatakan pahala. Jadi, sudah sepatutnya untuk senantiasa diamalkan.

Itulah bacaan doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur beserta arti serta keutamaannya. Yuk, ajarkan si Kecil untuk selalu berdoa ketika hendak tidur dan setelah bangun!

Demikianlah apa yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah !

sumber

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Bunda Ajarkanlah Anak Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

 

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram