9 Mei 2021

3 Pengetahuan Dasar Anak Belajar Mengelola Uang

Pengetahuan Dasar Anak Belajar Mengelola Uang

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh bunda sahabat as shidiq aqiqah.Saat ini, semakin banyak orang tua yang menyadari pentingnya pendidikan keuangan bagi anak-anak mereka sejak usia dini. Literasi keuangan merupakan keterampilan utama yang dibutuhkan oleh siapapun untuk menjaga kondisi ekonomi yang seimbang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sudah dipersiapkan sejak kecil.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Central Banking Theory and Practice menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar tentang uang sejak dini memiliki lebih banyak kepercayaan pada kemampuan keuangan mereka di masa dewasa. Mereka lebih siap untuk menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari di masa kanak-kanak, seperti membuat anggaran atau menghemat uang. Sementara itu, anak-anak yang belum pernah mendapatkan pendidikan keuangan melihat tanggung jawab fiskal sebagai tantangan dan kurang mudah pulih dari masalah keuangan.

Ada banyak cara yang sesuai dengan usia untuk melakukan percakapan dengan anak-anak tentang uang dan belajar keterampilan keuangan. Namun, ada beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan sehingga anak-anak dilatih untuk menggunakan uang dengan bijak:

1. Ingin Vs Kebutuhan

Ini bukan hanya topik pembicaraan yang sering memicu perkelahian suami-istri, ya. Ada saat-saat ketika Anda tidak dapat mengontrol anak-anak Anda untuk membeli hal-hal yang benar-benar tidak mereka butuhkan hanya karena Anda dan pasangan Anda selalu berkata, "Ya," untuk semua keinginan mereka. Anak-anak menjadi amukan, sementara Anda harus menggerutu sendiri. Kebiasaan ini bisa menjadi buah simalakama ketika harus berhemat.

Oleh karena itu, kebajikan pertama yang perlu diperkenalkan kepada si kecil tentang mengelola uang adalah membedakan apakah benda atau jasa yang akan membutuhkan uang kami termasuk dalam kategori keinginan atau kebutuhan. Anak-anak yang terbiasa mengidentifikasi dua area ini tidak akan mudah jatuh ke orang dewasa konsumtif suatu hari nanti.

Baca artikel lainnya : 3 Pengetahuan Dasar Anak Belajar Mengelola Uang

Untuk mengajarkan ini, Anda dapat mengundang mereka untuk melihat majalah bersama sambil membahas apakah ada item di sana yang merupakan kebutuhan keluarga. Anda juga dapat membawanya berbelanja ke supermarket dan memintanya untuk mengidentifikasi mana yang membutuhkan dan mana yang hanya keinginan.

2. Konsep penerbitan uang

Pada dasarnya, Anda dapat mengajarkan mengelola uang kepada anak-anak bahwa tidak hanya ada satu cara untuk menghabiskan uang, ada tiga: yaitu untuk membelanjakan, menyimpan, atau memberi. Namun, materi ini membutuhkan latihan, sehingga si kecil bisa memahaminya dengan lebih baik. Memiliki tiga toples berlabel 'tabungan', 'belanja' dan 'amal'. Mintalah anak untuk membuat tunjangan mingguan atau bulanan mereka sendiri: berapa persen dari setiap toples yang diisi. Ini akan membantunya belajar lebih bijak tentang penganggaran.

Sekarang, toples terakhir, menanamkan kebajikan bahwa beberapa uang yang kita miliki dapat membuat hidup seseorang lebih baik dengan cara mengelola uang dengan mudah, tidak peduli seberapa kecil itu. Nilai moral ini juga harus ditanamkan pada anak-anak, anda tahu. Jangan hanya fokus pada kebutuhan pribadi.

3. Uang Dapat Meningkat Jika....

Jadi, banyak anak tumbuh menjadi hanya 'penggali' untuk uang. Jujur, ini mungkin termasuk kita orang dewasa juga. Banyak orang dewasa bekerja keras untuk mencari uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Namun, satu hal yang sering dilupakan adalah uang yang mereka kumpulkan setiap bulan benar-benar habis.

Tanamkan pada anak-anak bahwa uang yang mereka peroleh dapat meningkat jika mereka berinvestasi. Anak-anak yang mengenali kebajikan ini sejak usia dini di masa dewasa akan cenderung memiliki lebih banyak berbagai cara untuk mewujudkan kebebasan finansial.

Literasi keuangan menjadi pelajaran berharga bagi semua orang. Memiliki kesadaran dari mana uang berasal, ke mana ia pergi, dan membuat pilihan bijak tentang cara membelanjakannya akan membantu mereka menjadi manusia dewasa.

Demikianlah dari kami Pengetahuan Dasar Anak Belajar Mengelola Uang semoga bermanfaat untuk ayah bunda yah aamiin...

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat, paket aqiqah tangerang

Inilah 10 Manfaat Bikin Kue Lebaran Dengan Anak

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram