1 November 2021

6 Peristiwa Penting Dalam Pernikahan Ayah Bunda Wajib Tahu

6 Peristiwa Penting Dalam Pernikahan Ayah Bunda Wajib Tahu

6 Peristiwa Penting Dalam Pernikahan Ayah Bunda Wajib Tahu - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Pernikahan itu merupakan sebuah hal yang sakral karena menyatukan dua insan yang berbeda menjadi satu dalam sebuah ikatan suci yang melibatkan kalimat Allah di dalamnya. Ketika ijab qabul terlaksanan disitulah jendela baru kehidupan dua insan dimulai.

Ulasan 6 Peristiwa Penting Dalam Pernikahan Ayah Bunda Wajib Tahu

Terkait sakralnya pernikahan ini, ada beberapa peristiwa lainnya yang harus ayah bunda tahu loh. Berikut pemaparannya :

Baca Juga :

Pertama, Peristiwa Fitrah. Manusia memiliki kecenderungan kepada lawan jenis, yaitu berupa rasa suka yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan. Pernikahan merupakan media yang menjembatani antara laki-laki dan perempuan agar terbebas dari jurang perzinaan yang bisa menjerumuskan ke dalam api neraka.

Ketika menikah mungkin diantara kita ada memiliki idealis bahwa calon istri itu harus bisa ini begini dan begitu dan untuk calon suami harus bisa ini begini dan begitu. Namun, kembali lagi bahwa semua itu merupakan kesenangan duniawi saja. Sedangkan pernikahan bukan saja sarana untuk meraih kesenangan dunia, tetapi lebih dari itu pernikahan adalah sarana untuk mencapai kebahagiaan akhirat.

 Kedua, Peristiwa Fiqhiyah. Artinya, pernikahan memiliki berbagai aturan dalam quran dan hadits nabi. Karena dalam islam itu sendiri terdapat aturan yang sangat detail tentang keluarga, mulai dari taaruf, khitbah, akad, walimah, sampai solusi menyelesaikan konflik pasutri.

Ketigaperistiwa dakwah. Maksudnya adalah ada hal-hal yang harus disampaikan atau didakwahkan kepada umat, mulai dari tata cara khitbah, akad, khutbah nikah, dan walimah. Interaksi keluarga dengan masyarakat luas pun merupakan bagian dari proses dakwah yang harus saling mendukung. 

Keempat, peristiwa tarbiyah. Maksudnya adalah ketika menikah ada peningkatan amal saleh yang terjadi pada diri kita. Misal saat ketika masih bujang atau gadis ibadah masih bolong-bolong. Tetapi saat setelah menikah timbul kesadaran untuk tumbuh jadi pribadi yang lebih baik. Karena bagaimanapun sebagai pasangan harus bisa saling memberi contoh.

 Kelima, peristiwa sosial. Pernikahan adalah menyatukan dua keluarga berbeda menjadi satu. Dalam pernikah ini tentu ada silaturahmi yang menjadi terjalin. Dari reuni teman yang sudah lama tidak berjumpa, hingga mendapatkan kakak ipar, adik ipar, dan “orangtua baru” mertua

Keenam, peristiwa budaya.  Artinya dalam pernikahan ini kita akan berusaha saling mengenal budaya dari masing masing pasangan kita. Akulturasi budaya ini akan mempercepat pembauran etnis di tengah pluralitas masyarakat.

Demikianlah artikel kami mengenai 6 Peristiwa Penting Dalam Pernikahan Ayah Bunda Wajib Tahu semoga bermanfaat!

6 Peristiwa Penting Dalam Pernikahan Ayah Bunda Wajib Tahu

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram