9 Mei 2021

Inilah 10 Manfaat Bikin Kue Lebaran Dengan Anak

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh bunda sahabat as shidiq aqiqah. Ingatkah Bunda sahabat as shidiq aqiqah akan masa kecil saat Bunda sahabat as shidiq aqiqah ingin ikut membantu ibu membuat kue Lebaran? Apakah ibu memarahi Bunda sahabat as shidiq aqiqah? Ya, niat Bunda sahabat as shidiq aqiqah memang tak selalu mulus. Bukannya membuat pekerjaan ibu lebih praktis, dapur malah jadi berantakan. Kalau direnungkan lagi, pantas saja Ibu mengomel kesal. Pekerjaan dia masih banyak.

Momen membuat kue Lebaran adalah hal yang menyenangkan untuk si kecil. Tepung-tepung terburai, adonan yang terasa kenyal di tangan, warna-warni bahan kue yang memikat mata,  harum margarin, vanila, pbunda sahabat as shidiq aqiqahn, cokelat, dan lainnya. Anak-anak menyukainya!

Nah, setelah menjadi bunda kini, akankah Bunda sahabat as shidiq aqiqah melarang si kecil ikut membuat kue Lebaran? Mungkin Bunda sahabat as shidiq aqiqah akan menghadapi satu risiko : dapur makin berantakan. Tapi, manfaatnya banyak sekali dan sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini ulasan Inilah 10 Manfaat Bikin Kue Lebaran Dengan Anak

1. Stimulasi Seluruh Indra
Saat memasak, seluruh indra anak akan bekerja. Indra penglihatannya terstimulasi dengan melihat banyak bahan kue warna-warni. Ia juga bisa melihat bagaimana perubahan warna adonan kue dengan kue yang sudah matang.

Indra perabanya bisa membedakan berbagai macam tekstur: mulai dari tepung terigu dan tepung maizena yang teksturnya berbeda, hingga merasakan perbedaannya ketika sudah dicampur dengan bahan lain.  Indra pendengarannya bekerja saat mendengar arahan Bunda sahabat as shidiq aqiqah, suara kulit telur dipecahkan, air yang mengucur dari ketel, bahan kue saat dimasukkan ke dalam minyak panas di penggorengan, dan lainnya.

Bunda sahabat as shidiq aqiqah juga bisa melatih indra perasanya dengan mencicipi berbagai bahan kue bila ia tidak berpuasa. Begitu juga dengan indra penciumannya, Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa menunjukkan aroma kayu manis, margarin, atau cokelat masak dengan memintanya mengirup perlahan. Ia juga bisa mengetahui aroma bahan kue di dalam loyang bisa berubah saat sudah matang.

2. Stimulasi Motorik Halus
Kemampuan motorik halus anak-anak dapat terlatih dengan memasak kue. Mereka bisa berlatih pincer grasp dengan menjumput bahan-bahan yang kecil seperti choco chips dan juga berlatih tripod grip dengan menggunakan japit kue.

3. Latihan Kordinasi Mata dan Tangan
Anak-anak dapat berlatih mengordinasikan mata dan tangannya dengan memasak. Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa meminta mereka menyendokkan tepung atau gula ke dalam mangkuk. Atau meminta mereka mencetak kue.

4. Konsep Matematika
Memasak kue lebaran adalah salah satu sarana belajar matematika yang mudah. Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa mengajaknya menghitung jumlah telur atau susu kotak yang dibutuhkan. Di samping itu, Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa juga mengajarkan mereka perbandingan jumlah, misalnya lebih banyak mana bahan yang tercakup di sendok makan dan sendok teh, atau lebih banyak air atau santan yang dibutuhkan untuk membuat satu resep.

5. Mengikuti Arahan
Anak-anak akan belajar mengikuti arahan resep. Dengan begini, kedisiplinan dan ketelitian akan terlatih pada diri mereka.

6. Belajar Bentuk dan Kosa Kata
Anak-anak akan belajar bentuk dari proses memasak. Misal, saja kue kaastangel bentuknya persegi panjang, kue nastar bentuknya bulat, dan lain sebagainya. Bunda sahabat as shidiq aqiqah juga bisa menggunakan berbagai cetakan lucu berbentuk benda langit seperti bulan dan bintang. Hal tersebut juga akan menjadi sarana memperkaya kosa kata mereka.

7. Sains Pemula
Anak-anak bisa belajar bagaimana air bila bertemu dengan benda padat akan merubah teksturnya. Mereka juga bisa mengalami langsung bagaimana panas minyak goreng atau oven dapat merubah ukuran kue sehingga lebih mengembang dan merubah warnanya. Mereka dapat mengalami peristiwa-peristiwa sains langsung.

Baca Juga : 5 Kombinasi Jus yang Mengenyangkan Bumil Saat Puasa

8. Membicarakan Menu Sehat
Saat membuat kue, anak-anak akan memahami bahwa kue yang enak belum tentu membutuhkan banyak gula. Mereka juga bisa belajar implikasi dari terlalu banyak makan gula.

9. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Memasak juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak. Apresiasi mereka atas pekerjaan-pekerjaan positif yang mampu mereka tangani. Di samping itu, Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa melakukan trik memberi nama kue dengan nama mereka, misalnya : Nastar Viona, Raisha’s Cake, atau Choco Cokies by Amel. Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa membuat print out label dan menempelkannya di stoples untuk semakin meningkatkan kepercayaan diri mereka.

10. Memperkuat Ikatan
Memasak bersama dapat memperkuat ikatan orang tua dan anak. Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa mengobrol sepanjang proses memasak. Manfaatkan sebagai wadah mengenalinya dan memberinya banyak pengetahuan positif.

Nah, bila Bunda sahabat as shidiq aqiqah sudah menyiapkan berbagai bahan dan mengeluarkan peralatan masak Bunda sahabat as shidiq aqiqah, kegiatan berikut bisa jadi titik awal bagi si kecil untuk membantu Bunda sahabat as shidiq aqiqah :

  • Menyendokkan adonan
  • Memindahkan air ke gelas ukur
  • Mengaduk adonan
  • Menambahkan topping keju atau choco chips ke atas kue yang sudah dibentuk
  • Menata kue yang sudah dicetak di atas loyang
  • Memindahkan kue yang sudah jadi ke stoples

Selamat bikin kue, bunda !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Inilah 10 Manfaat Bikin Kue Lebaran Dengan Anak

 

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram