4 Maret 2021

3 Pendapat Ulama Makna Anak Tergadai Aqiqah nya

Ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah, ada 3 pendapat ulama loh makna tergadai aqiqah. Nah Pada kesempatan kali ini, kami tim as shidiq aqiqah akan menjelaskan makna anak belum di aqiqah masih tergadai .Disebutkan dalam hadis dari Samurah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda : “Setiap anak tergadaikan pada aqiqahnya. Disembelihkan untuk pada hari ketujuh kelahirannya, diberi nama dan dicukur rambut kepalanya.” 

1.Pendapat Pertama

Para ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan hadits di atas. Al Khaththabi mengatakan : Imam Ahmad mengatakan , “ Ini berkaitan dengan masalah syafaat. Maksudnya, apabila orangtua tidak melaksanakan aqiqah anaknya, kemudian si anak meninggal dunia di waktu kecil, tidak dapat memberikan syafaat kepada kedua orangtuanya. Pendapat Imam Ahmad sama seperti Atha’ Al Khurasani.

2.Pendapat kedua

Mulla Ali al Qari mengatakan, “ keselamatan anak dari bencana tergantung aqiqahnya. Atau seperti sesuatu yang digadaikan, sehingga tidak bisa dinikmati selain dengan ditebus terlebih dahulu. Sebab, anak merupakan anugrah dari Allah SWT yang diberikan kepada kedua orangtua. Oleh karena itu, kedua orangtua harus bersyukur karenanya. Pendapat lain menyatakan bahwa artinya adalah syafaat si anak terkait erat pada aqiqahnya. Selama belum dilaksanakan aqiqahnya & si anak meninggal dunia sewaktu masih kecil, dia tidak dapat memberi syafaat kepada kedua orangtuanya.”

3.Pendapat ketiga

Ibnu Qayyim mengatakan , Allah SWT menjadikan penyembelihan aqiqah sebagai tebusan anak dari setan yang selalu menyertainya & menusuk pusarnya dari semenjak kelahiran di dunia. Dari sini, aqiqah menjadi tebusan bagi perangkap & penjara setan serta menjadi perlindungan baginya dari gangguan setan yang selalu menghalangi kepentingan akhiratnya, yang merupakan tempat kembali baginya kelak.

Nah, itulah 3 pendapat ulama mengenai tafsir setiap anak tergadai pada aqiqahnya yah ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah. Semoga apa yang kami dapat bermanfaat. Aamiin.. Insya Allah

hastag : jasa aqiqah, paket aqiqah, aqiqah jaksel, aqiqah jabodetabek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×