19 November 2021

Ketika Anak Banyak Berkata Enggak Ini Solusinya

Ketika Anak Banyak Berkata Enggak Ini Solusinya

Ketika Anak Banyak Berkata Enggak Ini Solusinya - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, apakah sekarang ayah bunda sering dapati si kecil yang mulai berumur 2 tahun senang sekali bilang 'nggak' atau 'nggak mau'. Ketika ayah bunda suruh makan, mandi selalu saja bilangg nggak. Dari bilang enggak biasa, geleng, hingga berteriak histeris.

Ulasan Ketika Anak Banyak Berkata Enggak Ini Solusinya



John Sargent, MD, dosen psikiatri anak di Baylor College of Medicine, Houston, AS, menemukan fakta,  anak usia 2-3 tahun akan membantah orangtua sesering mungkin, hingga 20-25 kali  dalam satu jam!

Menurut Sargent, ketika anak sering berkata tidak itu menunjukkan bahwa anak sudah mulai bisa beradu argumentasi karena anak melihat orangtua bukan lagi satu-satunya ‘bos’ tetapi anak bisa menjadi ‘bos’ untuk dirinya sendiri.

Jadi, membantah adalah salah satu cara anak untuk menunjukkan self-autonomy. Walaupun dalam membantah ini ada teknik belajar anak dalam mengambil keputusan tapi sebagai orangtua kita juga pasti sebal dan takut itu bisa menjadi pintu kedurhakaan untuk anak. Oleh karenanya berikut adalah yang dapat ayah bunda lakukan,


Pertama, ayah bunda harus sadari bahwa anak belajar dari perilaku Ayah bunda. Seberapa sering Ayah bunda melarang, dan seberapa sering Ayah bunda menjawab 'nggak' dan 'nggak boleh' untuk permintaan anak? Dibandingmenggunakan kalimat negatif, gunakan kalimat positif. Misalnya; "Sayang, makanannya jangan dihambur-hamburkan." Atau, "kita tadi kan sudah baca dua cerita, sekarang bobok yuk.."

Baca Juga :

Hindari penggunaan kalimat tanya tertutup seperti "Kamu mau makan?" Pasti dijawab 'nggak'. Ajak anak melakukan sesuatu, atau posisikan anak sebagai teman, misalnya. "Bunda lapar, temani bunda makan yuk..." atau, "Ini sudah jamnya mandi. Enak ya mandi...kena air dingin-dingin, badan jadi nggak bau asem..." 

Hindari kalimat yang memicu pertengkaran, seperti "Kita ke kolam renangnya nanti sampai kamu selesai makan." Ganti dengan kalimat yang bagus, misalnya "Begitu kamu selesai makan, kita ke kolam renang yuk.." 

Ketika anak sulit dilarang cobalah untuk menyelami alam berpikirnya. Pancing anak untuk berpikir. Sebagai contoh cobalah untuk memahami mengapa anak tidak ingin keluar dari bak mandinya. "Emang enak ya, mandi sambil main-main gini. Asyik banget. Tapi kalau kelamaan nanti jari-jari kamu  kisut, berwarna biru. Bibir gemetaran juga. Enakan habis ini makan. Kita duduk di halaman makan di sana." Tunggu hasilnya. 


Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram