Inilah Jenis Domba Di Indonesia Yang Harus Kita Tahu

20 Desember 2021

Inilah Jenis Domba Di Indonesia Yang Harus Kita Tahu

Dear sahabat harga aqiqah as shidiq aqiqah. Dalam part 2 ini kami akan menjelaskan domba domba lain di indonesia yang ayah bunda harus ketahui.

Yang ketiga ini adalah domba gembel. Ya, Perkembangan domba ini juga dirasa cukup pesat, yang awalnya hanya berkembang di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat kini sudah berkembang di seluruh Indonesia. 

Ulasan Inilah Jenis Domba Di Indonesia Yang Harus Kita Tahu

Domba ini ukurannya relatif kecil paling besar umumnya sekitar berkisar 30 – 40 kg per ekor untuk jantannya sedangkan betina hanya mencapai 15 – 20 kg.


Domba ini pada ekornya juga menunjukan adanya lemak, memilliki telinga yang berikuran medium dengan posisi mengantung. Banyak jasa aqiqah yang menggunakan domba ini untuk diambil dagingnya, karena memang daging yang dihasilkan cukup banyak.

Baca Juga :

Selain itu juga untuk masa produktifitas juga dinilai cukup cepat dan tinggi, dalam sekali melahirakan domba ini mampu menghasilkan anak kembar hingga 5 ekor. Kelebihan hewan ini juga bisa hidup di daerah tropis.

Keempat, domba gibas. Domba ini terkenal dengan  ekornya yang memilki ukuran relatif besar dan gemuk.

Sering dijumpai di kawasan Jawa Timur, Madura, Sulawesi, NTB dan Lombok. Domba ini beradaptsi dan tumbuh dengan baik di daerah beriklim kering.

Perbedaan ekor tipis dengan tebal ini terletak pada ekor, bulu dan tanduk. Ekor domba ekor tebal cenderung lebih tebal dan gemuk, sedangkan ekor tipis memiliki bentuk yang kecil.

Untuk bulunya juga berbeda, domba ekor tebal memiliki bulu lurus cenderung berwarna putih,dan sebaliknya domba ekor tipis memiliki bulu kriting dan tebal serta memiliki tanduk.

Domba ini juga tidak memiliki tanduk.  

 

Kelima domba domas. Domba ini merupakan persilangan dari domba lokasl ekor tipis atau gembel dengan domba suffolk dan domba texel.

Dombos memilki ukuran tubuh yang relatif besar dan panjang dengan bentuk kaki pendek dan kaku.

Ciri – ciri domba jantan tidak memiliki tanduk serta kulitnya yang relatif lebih tipis dari jenis domba garut dan gembel.

Untuk warnaya biasnya domba ini cenderung berwarna putih di seluruh tubuhnya. 

Pada jenis domba batur ini juga memiliki bobot yang cukup fantastik, yakni domba jantan mampu mencapai berat 90 – 140 kg per ekor, sedangkan untuk domba betina dapat mencapai 60 – 80 kg.

Untuk tinggi domba jantan mencapai 75 cm sedangkan domba betina 60 cm.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram