10 Januari 2022

Inilah 5 Hal Penyebab Anak Suka Memukul Temannya

Inilah 5 Hal Penyebab Anak Suka Memukul Temannya

Inilah 5 Hal Penyebab Anak Suka Memukul Temannya (harga aqiqah) - Apakah anak ayah bunda suka memukul temannya? Ya, harus diketahui terlebih dahulu ayah bunda bahwa ketika anak kecil suka memukul kawannya itu merupakan bentuk ekpresi kekesalan anak ketika gagal meraih sesuatu. Kebingungan ia dalam menumpahkan kekesalannya itu bisa berakhir kepada memukul temannya.

Ulasan Inilah 5 Hal Penyebab Anak Suka Memukul Temannya

Sebagai orangtua kita harus mengingatkan bahwa tindakannya tersebut dapat merugikan orang lain serta dirinya sendiri. Akibat tindakannya tersebut anak bisa dijauhi oleh lingkungan sekitarnya karena dikenal suka berbuat kasar.

Nah agar anak tidak dijauhi oleh temannya karena suka memukul, berikut ini adalah cara mengatasinya ayah bunda,

Pertama, cobalah cari tahu pemicunya. Ada berbagai macam penyebab anak suka memukul ayah bunda. Dan hampir setiap anak penyebabnya seperti mirip-mirip.

Baca Juga :

Seperti perubahan dinamika keluarga, melihat kekerasan dalam rumah tangga, akibat tontonan televisi/hp, karena meniru temannya, dll.

Ketika ayah bunda menemukan pemicunya cobalah untuk memutus sebabnya dan jangan hanya tinggal diam. Jika dibiarkan ditakutkan perilaku buruknya tersebut akan terbawa hingga tua nanti

Kedua, Ajari Berkomunikasi. Adakalanya anak suka memukul temannya karena sedang berusaha mencari perhatian orangtuanya ayah bunda. Cobalah ketika anak memukul temannya tanpa sebab tanyakan kepadanya secara baik-baik kenapa ia melakukannya. Dengan komunikasi dua arah ini diharapkan orangtua menjadi paham perhatian seperti apa yang anak harapkan sehingga antara orangtua dan anak bisa saling berkomitmen ketika orangtua memberikan perhatian seperti yang diminta anak maka anak berjanji tidak akan memukul lagi temannya.

Ketiga, Ajari Berempati. Ketika anak sudah menginjak usia dua tahun biasanya anak sudah mulai mengerti apa yang ayah bunda maksud. Ayah bunda cobalah ajak anak berpikir jika ia memukul temannya apakah ia ingin dipukul kembali atau tidak? sakit atau tidak? ajarkan anak jika ingin merasakan sakitnya dipukul maka jangan memukul temannya. Ajari anak bahwa memukul bisa membuat ia juga dijauhi temannya.

Keempat, Beri contoh yang baik. Ketika anak suka memukul temannya cobalah ayah bunda juga instropeksi diri apakah ayah bunda juga suka menerapkan hukuman fisik kepada anak saat ia berbuat salah. Seperti menjewernya, mencubitnya, meneriakinya, menamparnya dll. Jika kita berperilaku kasar atau agresif kepada anak nantinya anak pun juga akan mencontoh perilaku agresif orangtuanya. Cobalah untuk lebih lemah lembut kepada anak agar anak juga berperilaku lemah lembut.

Kelima, terapkan disiplin. Ketika anak berbuat anak ketimbang menghukumnya dengan hukuman fisik yang mencederai fisiknya ayah bunda bisa menghukumnya dengan menyuruh membereskan mainan atau tidak ada uang jajan satu minggu ini jika anak susah untuk dibilangi. Ini bisa menjadi cara menghukum anak tanpa melukai.

Nah itulah ayah bunda inilah 5 hal penyebab anak suka memukul temannya. Dengan membaca artikel diatas semoga bermanfaat ya

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram