Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia

30 November 2021

Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia

Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia

Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah (paket aqiqah bintaro) . Mungkin diantaranya ayah bunda ada yang bertanya tanya bolehkah ketika orangtua telah meninggal dunia kita mengaqiqahkan dirinya?

Ulasan Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia

Ya, sebelum menjawab pertanyaan ini bahwa diketahui hukum asalnya aqiqah adalah hak anak yang sunnah yang harus dipenuhi oleh orang tuanya pada hari ketujuh dari kelahirannya. Apabila belum terlaksana sampai hari ke 7,14,21 ataupun bahkan hingga baligh beberapa ulama ada yang mengatakan bahwa orang tua sudah tidak disunahkan lagi mengaqiqahinya.

Baca Juga :

Dikatakan oleh syekh nawawi albantani bahwa anak yang dari kecil belum diaqiqah apabila ia belum aqiqah dan ingin mengaqiqahi dirinya sendiri tidaklah mengapa. Karena dengan begitu diharapkan bisa menjaga ajaran islam.

Kemudian yang menjadi pertanyaan bagaimana jika anak ingin mengaqiqahi orangtuanya yang telah meninggal. Apakah boleh ?

Terkait hal ini merujuk Keputusan Bahtsul Masail ke-17 Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) Se-Jawa Madura, hukum mengaqiqahi orang tua yang sudah meninggal diperbolehkan bila ada wasiat.

Hukum aqiqah ini disamakan dengan hukum berkurban. Secara lengkap rumusan bahtsul masail menyatakan: “Mengaqiqohi orang tua yang masih hidup hukumnya boleh bila ada izin darinya. Sedangkan mengaqiqohi orang tua yang sudah meninggal dunia hukumnya juga diperbolehkan bila ada wasiat sebagaimana diperbolehkannya melakukan kurban atas nama mayit (menurut sebagian pendapat).”

sebagian pendapat ulama seperti Syekh Zakariya Al-Anshari, Syekh Al-Khatib As-Syirbini, Imam Al-Baghawi dan lainnya, yang mensyratkan bahwa aqiqah untuk orangtua dengan adanya wasiat dari mayit semasa hidupnya untuk keabsahan kurban yang dilakukan orang lain untuk dirinya setelah meninggal.
 

Demikianlah artikel kami mengenai Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia

Hukum Aqiqah Orangtua Yang Sudah Meninggal Dunia

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram