23 April 2021

Digendong Bikin Anak Manja ? Betulkah ? Kata Siapa ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Mungkin diantara ayah bunda sering ada yang mendengar kaidah dalam masyarakat.. “Wah… anaknya manja banget pasti karena waktu kecil sering digendong yah?”. Kemudia apakah betul demikian ?

Penjelasan Digendong Bikin Anak Manja ? Betulkah ? Kata Siapa ?

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah, dijelaskan dalam buku Ayah Edy Menjawab bahwa kita tidak bisa langsung mengambil kesimpulan bahwa seorang balita yang sering digendong itu menjadi penyebab ia manja. Dalam beberapa kasus anak yang sering digendong kelak akan memiliki kedekatan emosional dan empati yang tinggi pada orangtuanya.

Bahkan ketika digendong anak akan dapat merasa aman, nyaman ketika ia merasa takut, khawatir atau sedih. Cobalah ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah buktikan dengan menggendong anak di kala ia sedang merasa sedang gelisah. Posisikan sedemikian rupa agar ia bisa merasakan paling tidak detak jantung anda yang tenang. Anak pun akan ikut merasa tenang dan lebih nyaman dalam gendongan kita.

Penyebab anak menjadi manja bukan karena sering di gendong. Tetapi justru karena terlalu sering dibantu oleh orang terdekatnya ! Cobalah ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah melihat sekilas ke belakang. Apakah selama ini ayah bunda telah mendidik anak menjadi mandiri dengan membiarkan ia melakukan banyak hal atau terus menerus dibantu ?

Baca Juga : Sudah 3 Tahun Belum Lancar Bicara ? Inilah Sebabnya

Misalnya, ketimbang memberikan bangku sebagai penyangga tubuh untuk mengambil buku di rak buku atas, ayah dan bunda malah menolongnya karena takut ia jatuh. Atau membantu anak menusukkan sedotan ke gelas mineral padahal ia sedang berusaha melakukannya sendiri. Atau bantuan-bantuan lainnya yang sebetulnya ia bisa sendiri tapi ayah bunda terlalu sering membantunya.

Bahkan mandi dan menyabuni pun sebenarnya sudah bisa dilakukan sendiri oleh anak, tetapi masih dibantu oleh ayah bunda. Dengan perlakuan semacam ini, wajah kalau anak tumbuh menjadi manja dan kurang mandiri. Anak tidaklah salah tapi orangtua yang keliru dalam mendidik.

Sekarang bagaimana solusinya ketika sudah terlanjur ? tidak usah risau ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Belum terlambat untuk mengubahnya ! Sekarang jika anak minta dibantu katakan padanya ,”Yuk dicoba dulu ya sayang kamu pasti bisa.

Dan saat anak berhasil melakukannya pujilah dia,” Pinterrr… kan sudah ayah bunda bilang kamu bisa.”

Kalau mereka masih tidak mau mencobanya ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa menunggu dengan sabar sampai ia mampu melakukannya sendiri. Begitu juga ketika ia melakukan ketidaksengajaan seperti menumpahkan susu misalnya.

Meski dirumah ada pengasuh atau pembantu sebaiknya tetap latih anak untuk membersihkan tumpahan itu sendiri. Tidak mengapa jika justru tambah blepotan. Tapi paling tidak ia jadi belajar bertanggung jawab.

Ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah baru diperbolehkan membantu anak jika anak sudah betul-betul tidak mampu melakukan sesuatu, meskipun sudah mencoba berulang-ulang kali. Namun ingat jangan asal membantu, melainkan berilah contoh bagaimana cara melakukannya sendiri, agar lain kali ia bisa mencoba lagi dengan cara yang sudah diajarkan.

Jangan bosan untuk memberi anak semangat ketika ia akan mencoba, tatkala anak sedang mencoba jangan meremehkannya. Buat anak percaya diri bahwa ia bisa. Contohnya ketika anak mencoba munusukkan sedotan di gelas air mineral”Ayo dekkk… yang keras tekannya ! dipakai tenaganya ! kamu bisa !”

Tindakan melecehkan atau meremehkan akan berakibat anak mempunyai sifat self esteem yang rendah ketika ia dewasa nanti dan tidak memiliki kepercayaan bahwa dirinya mampu menjadi seorang yang berguna atau berhasil.

Ada satu cara sangat membantu anak lekas menjad mandiri. Cobalah ayah dan bunda membuat target-target pencapaian misalnya usia 5 tahun harus sudah bisa makan dan mandi sendiri usia 8 tahun bisa merapikan tempat tidur dan mencuci piring yang ringan dan sebagainya.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Aamiin.. Insya Allah

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat jasa aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat jasa aqiqah

Sharing Is Caring Apabila Posting Ini Bermanfaat Boleh Dong Di Share Ayah Bunda 😊

Hastag : jasa aqiqah jakarta , jasa aqiqah jakarta timur , jasa aqiqah jakarta barat , jasa aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta , paket aqiqah jakarta timur , paket aqiqah jakarta selatan , paket aqiqah jakarta barat

Digendong Bikin Anak Manja ? Betulkah ? Kata Siapa ?

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram