27 Oktober 2021

Ajarkanlah Anak Agar Tidak Berbicara Seperti Keledai

Ajarkanlah Anak Agar Tidak Berbicara Seperti Keledai

Ajarkanlah Anak Agar Tidak Berbicara Seperti Keledai - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Sebagai orangtua kita wajib untuk mengajari anak akhlak mulia. Terutama dalam berbicara, jangan sampai anak dikatakan oleh anak berbicara seperti keledai!

Ulasan Ajarkanlah Anak Agar Tidak Berbicara Seperti Keledai

Memang cara berbicara keledai seperti apa sih? Berikut penjelasannya

Pertama-tama ayah bunda harus meneladani orang saleh terdahulu yakni lukman. Ya, beliau mengajarkan anaknya mengenai pentingnya tawadhu’ dan beradab di hadapan manusia. Di antaranya adalah adab berbicara, yaitu janganlah berbicaara keras seperti keledai.

Allah berfirman,

Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Lukman: 19)

Baca Juga :

Kemudian, Lukman juga mengajarkan pada anaknya mengenai adab dalam berbicara. Adapun maksud dari ayat ini adalah janganlah berbicara keras dalam hal yang tidak bermanfaat. Karena sejelek-jelek suara adalah suara keledai.

Jadi, siapa yang berbicara dengan suara keras, ia tidak jauh berbeda  mirip seperti dengan keledai dalam hal mengeraskan suara sedangkan hal seperti ini sangat dibenci oleh Allah Ta’Ala.

Syaikh As Sa’di rahimahullah berkata, “Seandainya mengeraskan suara dianggap ada faedah dan manfaat, tentu tidak dinyatakan secara khusus dengan suara keledai yang sudah diketahui jelek dan menunjukkan kelakuan orang bodoh.” (Tafsir Al Karimir Rahman)

Oleh karenanya ajarkan anak bahwa sungguh sangat tidak beradab apabila anak sebagai seorang muslim berbicara dengan nada yang keras di hadapan orang tuanya sendiri, bahkan sampai membentak. Karena hal itu hanya akan mendatangkan murka Allah.

Demikianlah artikel kami mengenai Ajarkanlah Anak Agar Tidak Berbicara Seperti Keledai

Ajarkanlah Anak Agar Tidak Berbicara Seperti Keledai

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram