9 Agustus 2021

Ajarilah Anak 8 Adab Kepada Hewan Yah Bun !

Ajarilah Anak 8 Adab Kepada Hewan Yah Bun !

(Artikel | Ajarilah Anak 8 Adab Kepada Hewan Yah Bun !) - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Sebagai orangtua, kita cobalah untuk mengajarkan adab memperlakukan binatang yang baik kepada anak sejak kecil agar ia dapat tumbuh menjadi pribadi yang penyayang dan mencintai semua makhluk Allah SWT.

Ulasan Ajarilah Anak 8 Adab Kepada Hewan Yah Bun !

Gimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Memberi makan dan minum

Cobalah ajari anak kita untuk menyayangi hewan dengan cara memberinya makanan dan minuman. Sebab hal itu bisa mendatangkan rahmat Allah kepadanya. Rasulullah pun pernah bersabda, “Kasihanilah siapa yang ada di bumi ini, niscaya kalian dikasihani oleh yang ada di langit.” (HR. At-Tirmidzi)

Baca Juga :

2. Merawat dengan kasih sayang

Ajari anak untuk memperlakukan hewan secara lemah lembut. Maksud dari lemah lembut itu sendiri ialah tidak menyiksanya seperti menendangnya, memukulnya, bahkan menjadikannya mainan untuk disiksa.

Sebab rasulullah bersabda, “Allah mengutuk orang yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran.” (HR. Al-Bukhari & Muslim)

3. Menyenangkannya di saat menyembelih atau membunuhnya

Apabila hewan yang diperlihara anak terkait hewan ternak. Ajari ia kelak saat dewasa apabila hendak akan memotong agar menajamkan pisaunya agar tidak menyiksa hewannya. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan ihsan (berbuat baik) atas segala sesuatu, maka apabila kalian membunuh hendaklah berlaku ihsan di dalam pembunuhan, dan apabila kalian menyembelih hendaklah berlaku baik di dalam penyembelihan, dan hendaklah salah seorang kamu menyenangkan sembelihannya dan hendaklah ia mempertajam mata pisaunya.” (HR. Muslim)

4. Tidak menyiksa hewan

Beritahu anak ancaman mengenai orang yang berperilaku kasar kepada hewan. Ya, rasulullah dalam sebuah hadits bersabda “Seorang perempuan masuk neraka karena seekor kucing yang ia kurung hingga mati, maka dari itu ia masuk neraka karena kucing tersebut, disebabkan ia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum di saat ia mengurungnya, dan tidak pula ia membiarkannya memakan serangga di bumi.” (HR. Al-Bukhari)

5. Boleh membunuh hewan pengganggu

Beritahu anak mengetahui hewan yang dihalalkan membunuh karena dapat membahayakan. Diantara hewan tersebut seperti anjing buas, serigala, ular, kalajengking, tikus, dan lain-lain. Rasulullah bersabda, “Ada lima macam hewan fasik yang boleh dibunuh di waktu halal (tidak ihram) dan di waktu ihram, yaitu ular, burung gagak yang putih punggung dan perutnya, tikus, anjing buas, dan rajawali.” (HR. Muslim)

6. Boleh memberi wasam (tanda/cap)

Boleh memberi wasam (tanda/cap) dengan besi panas pada telinga binatang ternak yang tergolong na’am untuk maslahat, sebab telah diriwayaktan bahwasanya Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam memberi wasam pada telinga unta shadaqah dengan tangan beliau yang mulia. Sedangkan hewan lain selain yang tergolong na’am (unta, kambing, dan sapi) tidak boleh diberi wasam.

Karena Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda ketika melihat ada seekor keledai yang mukanya diberi wasam, “Allah mengutuk orang yang memberi wasam pada muka keledai ini.”

7. Mengenal hak Allah pada hewan

Ajari anak mengenai hak Allah. Yang termasuk ke dalam mengenal hal Allah pada hewan adalah menunaikan zakatnya jika hewan tersebut tergolong yang wajib untuk dizakati.

8. Tidak boleh mengurus hewan hingga lupa taat dan dzikir

Ajarkan anak juga bahwa mengurus hewan ternak jangan sampai membuatnya lupa ataupun lalai dalam menjalankan perintah Allah dan rasulNya.

Demikianlah artikel kami mengenai Ajarilah Anak 8 Adab Kepada Hewan Yah Bun ! semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

Ajarilah Anak 8 Adab Kepada Hewan Yah Bun !

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram