6 Agustus 2021

Tips Agar Anak Rajin Shalat Ke Masjid !

Tips Agar Anak Rajin Shalat Ke Masjid !

(Artikel | Tips Agar Anak Rajin Shalat Ke Masjid !) - Dear ayah sahabat as shidiq aqiqah. Mungkin diantara ayah ada yang sedang berusaha mendidik anak agar jadi senang rajin shalat berjamaah di masjid. Niat dan ikhtiar ayah sangat bagus dalam berusaha memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak. Namun, tentunya proses pendidikan dan metodologi yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi serta efektifitas dari sarana yang tersedia.

Ulasan Tips Agar Anak Rajin Shalat Ke Masjid !

Jika mengacu pada pola mendidik shalat pada anak, Rasulullah menganjurkan agar dimulai sejak usia tujuh tahun dengan cara lembut. Memasuki usia 10 tahun, pendidikan shalat pada anak boleh disertai ketegasan secara fisik namun tetap terbatas. Misalnya, memukul secara wajar pada bagian kaki jika anak masih enggan melaksanakan shalat. Berikut haditsnya,

Baca Juga :

“Perintahlah anak-anak kalian untuk melaksanakan shalat ketika mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka jika menolak sedang umur mereka masuk sepuluh tahun, serta pisahkanlah tempat tidur di antara mereka.” (H.R. Ahmad)

Demikian halnya dengan membiasakan anak pergi ke masjid, khususnya untuk shalat berjamaah. Ketentuan dari Nabi Saw. menyebutkan bahwa anak termasuk kelompok yang tidak wajib (shalat) Jumat seperti halnya perempuan dan kelompok lainnya.

Ini dikarenakan kekhawatiran akan mengganggu kekhusuan orang dewasa dalam melaksanakan ibadahnya. Namun, larangan ini tidak mutlak. Artinya, jika ada maksud lain yang lebih baik, tidak menjadi masalah jika anak dibiasakan pergi ke masjid.

Ini sama halnya dengan membawa anak pergi shalat berjamaah. Jika anak bisa diatur dan tidak mengganggu jamaah lain, maka lebih baik anak tersebut dibiasakan pergi ke masjid untuk (shalat) berjamaah.

Akan tetapi, jika anak benar-benar sudah tidak bisa dikendalikan, maka sebaiknya yang dilakukan oleh orangtua pertama kali adalah memberi pengertian kepada anak bahwa mengganggu orang shalat merupakan perbuatan yang tidak baik dan berdosa. Setelah anak cukup mengerti dan mau mengikuti arahan kita, maka tujuan mulia ayah untuk membiasakan anak pergi shalat berjamaah dapat aplikasikan lagi. Wallahu a’lam . 

Demikianlah artikel kami mengenai Tips Agar Anak Rajin Shalat Ke Masjid !semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

Tips Agar Anak Rajin Shalat Ke Masjid !

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram