24 September 2021

Awas ajarkan anak adab memberi salam dalam agama islam wajib ayah bunda mengajarinya

Ajarkan anak adab memberi salam

Ajarkan anak adab memberi salam dalam agama islam

(Paket Aqiqah As Shidiq | Ajarkan anak adab memberi salam) Assalammualaikum ayah bunda sahabat paket aqiqah as shidiq Ketika seorang muslim berjumpa atau bertamu ke salah satu teman atau kerabat jangan lupa mengucapkan sebuah salam. Salam sendiri dalam agama islam adalah sebuah doa sedangkan ketika di non muslim salam merupakan hanya sapaan saja.

Itulah mengapa mengajarkan salam sangat penting dilakukan karena selain doa salam juga sebagai sarana tali silaturahmi dan juga belajar bersosialisasi. Sapaan salam dalam islam yaitu berupa Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh yang berarti "Semoga Allah memberikan sebuah Keselamatan, Rahmat dan Keberkahan kepadamu." atau Bisa juga "Semoga Keselamatan dan rahmat Allah SWT serta Keberkahannya terlimpah kepada kalian."

Selain menambah jalinan silaturahmi sesama umat salam juga merupakan ibadah dan mendapatpahala juga yang menjawab ucapan salam tersebut. Pada sebuah Hadits yang di riwayatkan oleh seorang Imran bin Hushain R.A, di ceritakan seseorang yang datang kepada Nabi Muhammad SAW dan mengucapkan sebuah salam seperti di bawah ini :

"Assalamualaikum." Dan Nabi Muhammad SAW menjawab sebuah salam tersebut dan beliau duduk sambil bersabda, "Pahalanya Sepuluh." Kemudian datang lagi seorang muslim memberi sebuah salam, “Assalamu’alaikum warahmatullah.” Setelah nabi Muhammad SAW menjawab salam tersebut dan berkata "Pahalanya Duapuluh" Lalu datang lagi seseorang dan mereka mengucapkan salam lagi dan mereka mengucapkan "Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh." Ketika itu Nabi Muhammad SAW menjawab salam tersebut dan bersabda "Pahalanya Tigapuluh

Berikut ini adalah bebrapa contoh adab yang diberikan oleh rasulullah Nabi Muhammad SAW mengenai mengucapkan salam sebagai berikut :

  • Ucapkanlah salam kepada siapapun sesama umat muslim walaupun mereka masih kecil
  • Berikanlah ucapan salam walaupun kamu belum mengenal mereka
  • Yang sedang berjalan kaki berilah salam kepada yang dudu, dan yang berkendara berilah salam kepada yang berjalan kaki
  • Yang lebih muda lakukan salam terlebih dahulu kepada yang lebih tua
  • Berilah salam ketika sedang memasuki sebuah majelis dan juga ketika keluar majelis
  • Mengucapkan sebuah salam hukumnya sunnah akan tetapi membalas sebuah salam adalah hukumnya wajib
  • Ketika memasuki rumah berikanlah salam walaupun rumah itu kosong dan salam yang di ucapkan adalah "Assalamu’alainaa min qibali rabbinaa" yang emmiliki arti "Semoga Allah SWT memberikan sebuah keselamatan, rahmat dan juga Keberkahan kepada dirimu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah SWT serta keberkahan terlimpah kepada kalian semua.
  • Jangan memberi salah kepada orang yang sedang ada di WC
  • Tidak memulai salam kepada ahli kitab, AKan tetapi ketika mereka memberi salah terlebih dahulu maka kita bisa menjawabnya dan mengucapkan wa'alaikum
  • Menjawab salam kepada seorang yang menitipkan salam lewat orang lain dan kepada orang yang dititipinya.
  • Tidak melakukan salam dengan isyarat akan terkecuali ketika ada uzur seperti halnya karena bisu ataupun yang diberikan salam jaraknya terlalu jauh.
  • Disunnatkan untuk menjabat tangan terkecuali kepada lawan jenis yang bukan mukhrim
  • Jangan menarik tangan terlebih dahulu ketika melakukan slam sebelum orang yang diberikan salam menarik tangan mereka
  • Tidak melakukan membungkukan tubuh atau sujud ketika memberi penghormatan
  • Melakukan salam terhadap orang banyak walaupun di dalamnya ada seorang non muslim
  • Ketika mengunjungi sebuah rumah setelah tiga kali mengucapkan salam dan tidak ada jawaban balik maka berkunjunglah dilain waktu lagi
  • Mengucapkan salam ketika melewati sebuah makam muslim atau kuburan seorang muslim seperti "Assalamu’alaikum ya ahlad diyar minal mu’minina wal muslimin, wal inna insya allahu bikum lahikun, nas alullaha lana wa. (Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepadamu wahai ahli kubur yang mu’min dan muslim.Insya Allah kami semua akan menyusul. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan kalian 'afiat)."

Nah mungkin itu saja yang bisa kami bagikan mengenai ajarkan anak adab memberi salam semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa bagikan agar ilmu yang kita bagikan bisa bermanfaat untuk orang banyak aamiin.

Baca Artikel Lainnya :

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah tangerang juga kami menyediakan paket aqiqah terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta.

Keshalihan Orangtua Bisa Berpengaruh Terhadap Anak Loh

akikahaqiqahaqiqah anak kembaraqiqah anak yatimaqiqah bergaransiaqiqah diri sendiri dalam islamaqiqah hari ke 7aqiqah jakartaaqiqah jakarta selatanaqiqah jakselaqiqah murahaqiqah petukanganaqiqah praktisaqiqah rekomendasiaqiqah terbaikaqiqah terdekataqiqah terpercayaas shidiq aqiqahbolehkah aqiqah diri sendiri ?cabang as shidiq aqiqahcara aqiqah anak kembarhikmah aqiqahhukum aqiqahhukum aqiqah diri sendirihukum hakim anak kembarhutang aqiqahjasa aqiqahjasa aqiqah jakartamanfaat aqiqahnama bayi islamipaket aqiqahpaket aqiqah bekasipaket aqiqah bintaropaket aqiqah depokpaket aqiqah jakartapaket aqiqah jakselpaket aqiqah murahpaket aqiqah tangerangparenting islamipelaksanaan aqiqah anak yatimpopmamarahasia aqiqahrangkaian aqiqahsunnah aqiqahwaktu aqiqah

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

___noise___ 1000
×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram