12 April 2021

Kapankah Waktu Terbaik Menyembelih Hewan Aqiqah ?

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat as shidiq aqiqah, seperti yang kita ketahui bahwasannya disunnahkan dalam aqiqah adalah di hari ke 7 jika tidak bisa di hari ke 14 atau 21. Selain itu juga, ulama juga membahas mengenai kapankah waktu terbaik menyembelih hewan aqiqah, apakah pagi hari, siang hari dan seterusnya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas waktu terbaik untuk aqiqah !

Penjelasan Ulama Terkait Kapankah Waktu Terbaik Menyembelih Hewan Aqiqah

Sahabat as shidiq aqiqah, Imam an Nawawi berkata,”Penyembelihan hewan aqiqah dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari. Demikianlah pernyataan asy Syafi’I dalam kitab Al Buwaithi dan diikuti oleh segenap sejawat beliau.” (Al Majmu’ 8/432)

Sebagian ulama mazhab syafi’I mengatakan bahwa menyembelih hewan aqiqah dianjurkan dilakukan saat matahari terbit. (Kifayatul Akhyar halaman 535)

Kemudian, Al Murdawi dari kalangan ulama penganut mazhab Hanbali menyatakan,”Pemotongan hewan aqiqah dianjurkan agar dilakukan menjelang siang hari.” ( Al Inshaf 4/110 Lihat Kasysyaful Qana’ 3/25)

Sebagian ulama bermazhab Maliki menyatakan,” Dipotong di siang hari sejak fajar hari ke tujuh sampai terbenamnya matahari. Sebab hal ini dikaitkan pada hadyi bukan pada qurban.” (Syarah al Kharasyi 3/47)

Baca Juga : Inilah Waktu Terbaik Pelaksanaan Aqiqah

Di kalangan ulama penganut mazhab maliki teradapat perbedaan tentang permulaan waktu diperbolehkannya menyembelih hewan aqiqah. Ada ulama yang mengatakan sama waktunya dengan qurban yakni waktu duha. Ada juga yang mengatakan setelah fajar, dianalogikan pada pendapat Imam Malik tentang menyembelih hewan hadyi. (Al Istidzkar 15/372, Bidayatul Mujtahid 1/377)

Lalu sahabat as shidiq aqiqah Sebagian ulama penganut mazhab maliki membagi waktunya menjadi tiga bagian. Pertama : sunnah, yaitu sejak waktu duha hingga tergelincirinya matahari. Kedua : makruh, yaitu setelah tergelincirnya matahari hingga terbenamnya matahari atau setelah fajar menyingsing hingga terbitnya matahari. Tetapi tetap boleh dilakukan menurut pendapat yang terkuat di kalangan mereka. (At Taj wal Iklil 4/390). Ketiga : dilarang yaitu menyembelihnya di malam hari. Dalam mazhab ini tidak boleh menyembelih hewan aqiqah di malam hari. (At Taj wal Iklil Mawahib al Jalil 4/392, Hasyiyah ad Dasuqi ‘Ala asy Syarah al Kabir 2/112)

Itulah sahabat as shidiq aqiqah pendapat dari ulama mengenai waktu yang utam dalam menyembelih hewan aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat aamiin insya Allah

Sedang cari paket aqiqah ? silahkan hubungi kami (paket aqiqah , as shidiq aqiqah , waktu terbaik , )

Hastag : paket aqiqah , waktu terbaik aqiqah , as shidiq aqiqah

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram