Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda

9 Desember 2021

Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda

Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda

Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah (info harga aqiqah) seperti diketahui bahwa aqiqah adalah suatu kegiatan ibadah yang takkan pernah lekang oleh waktu.  Aqiqah sendiri adalah ibadah yang selalu dikaitkan dengan kelahiran seorang anak.

Ulasan Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda

Selagi ada umat muslim yang lahir disitulah ibadah aqiqah akan terus selalu ada.  Aqiqah sendiri adalah suatu ibadah yang diperintahkan oleh Rasulullah agar manusia bersyukur atas nikmat karunia keturunan yang Allah telah berikan kepada dirinya.

Baca Juga :

Dalam sebuah hadits rasululah bersabda, “Seorang bayi itu tergadaikan dengan aqiqahnya, pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur rambutnya, dan diberi nama,” (HR Tirmidzi).

Ulama mengatakan bahwa aqiqah paling afdhol itu menggunakan domba atau kambing. Laki laki sebanyak dua ekor dan perempuan satu ekor.

Kemudian timbul pertanyaan. Bagaimana jika kita ingin aqiqah dengan sapi? Apakah hal itu dibolehkan dalam islam? .

Ya, terkait dengan hal ini. Cobalah kita merujuk kepada kitab para ulama terdahulu. Dalam kitab Kifayatul Akhyar. Dijelaskan bahwa menurut pendapat yang paling sahih (al-ashshah) aqiqah dengan unta gemuk (al-badanah) atau sapi lebih utama dibanding aqiqah dengan kambing (al-ghanam). Namun pendapat lain menyatakan, yang paling utama adalah aqiqah dengan kambing sesuai bunyi hadits yang ada (li zhahiris sunah.

Artinya, “Menurut pendapat yang paling sahih, aqiqah dengan unta gemuk (al-badanah) atau sapi lebih utama dibanding aqiqah dengan kambing. Namun dalam pendapat lain dikatakan bahwa aqiqah dengan kambing lebih utama, yang saya maksudkan adalah dengan dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan, karena sesuai dengan bunyi sunah,” (Lihat Taqiyuddin Al-Hushni, Kifayatul Akhyar fi Halli Ghayatil Ikhtishar, Beirut, Darl Fikr, halaman 535).

Selanjutnya menanggapi pertanyaan terkait aqiqah dengan sapi apakah boleh? Dalam konteks dikatakan diperbolehkan, bahkan apabila ada orang lain yang memiliki niat yang berbeda sekalipun.

Sebagai contoh misalkan ada tujuh orang yang patungan untuk membeli sapi, lalu dari ketujuh orang tersebut ada yang memiliki niat aqiqah tetapi ada juga yang untuk berqurban.  Dikatakan dalam Muhyiddin Syaraf An Nawawi, Al Majmu Syarhul Muhadzdzab bahwa jika seseorang menyembelih sapi atau unta yang gemuk untuk tujuh anak atau adanya keterlibatan (isytirak) sekelompok  orang dalam hal sapi atau unta tersebut maka boleh, baik semua maupun sebagian dari mereka berniat untuk aqiqah sementara sebagian yang lain berniat untuk mengambil dagingnya untuk pesta (makan besar/mayoran Bagi orang tua yang anaknya belum diaqiqahi dan sudah memiliki rezeki yang lapang, sebaiknya segera diaqiqahi.

Demikianlah artikel kami mengenai Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda semoga bermanfaat!

Inilah Hukum Aqiqah Menggunakan Daging Sapi Ayah Bunda

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram