4 Agustus 2021

8 Adab Ketika Hendak Menasehati Anak Dalam Islam !

8 Adab Ketika Hendak Menasehati Anak Dalam Islam !

(Artikel | 8 Adab Ketika Hendak Menasehati Anak Dalam Islam !) - Dear ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Patut diketahui bahwa agama islam adalah agama nasehat. Sebab semua aspek dalam agama petunjuk/arahan.

Ulasan 8 Adab Ketika Hendak Menasehati Anak Dalam Islam !

Sebagaimana dalam hadits dari Tamim Ad Dariy radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

الدين النصيحة قلنا : لمن ؟ قال : لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم

Agama adalah nasehat”. Para sahabat bertanya: “Untuk siapa?”. Beliau menjawab: “Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan umat muslim seluruhnya” (HR. Muslim, no. 55).

Baca Juga :

Nah, terlebih lagi sebagai seorang orangtua kita memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak ayah bunda. Karena anak itu adalah amanah kelak di akhirat nanti kita pasti akan dimintai pertanggung jawaban ketika mendidiknya.

Setiap anak pasti memiliki kesalahan ayah bunda. Sebagai orangtua tentu kita harus meluruskan kesalahan anak agar si anak tidak mengulanginya lagi. Namun demikian harus dicatat bahwa ada serangkaian adab yang harus kita ketahui dalam menasehati anak.

Percuma jika menyampaikan suatu kebaikan jika tidak diiringi dengan cara yang baik pula. Maka kebaikan itu pasti akan sulit diterima orang yang hendak akan kita beri nasehat.

Kita tidak boleh serampangan dalam memberi nasehat pada anak. Oleh karenanya terdapat 8 poin penting adab-adab yang perlu diperhatikan ketika menyampai nasehat kepada anak:

  1. Dasari dengan niat ikhlas. Niatkan kita menasehati anak karena memang perintah Allah dan Rasulnya. Jangan menasehati anak sebagai pelampiasan emosi. Tentu hati anak sulit untuk tersentuh.
  2. Lakukan dengan cara yang benar sesuai syariat.
  3. Gunakan kata-kata yang baik. Hindari pula ucapan-ucapan buruk ke anak yah ayah bunda. Karena doa orangtua ke anak itu mustajab bagai doa nabi ke umatnya terutama doa ibu ke anak.
  4. Lakukan tabayun terhadap informasi. Jangan sampai langsung menuduh anak berbuat buruk. Pastikan ayah bunda mengorek informasi terlebih dahulu barulah beri ia nasehat. Menuduh anak tanpa bukti bisa berakibat fatal bagi mentalnya.
  5. Hindari buruk sangka.
  6. Jangan memaksa agar nasehat diterima. Pelan-pelan dalam menasehati anak yah ayah bunda. Cari momen yang pas saat akan menasehatinya. Hati anak bisa menjadi keras kalau kita juga sama-sama keras.
  7. Tidak menasehati di depan umum. Hindari menasehati anak di tempat umum. Menasehati anak di tempat umum sama saja mempermalukannya di depan umum.
  8. Jangan memancing pertengkaran. Tetap sampaikan dengan cara yang baik agar anak bisa menerimanya. Semua ada proses ayah bunda dan mungkin perlu waktu agar anak bisa menerima nasehat kita. Ingatlah bahwa hati anak kita yang memilikinya Allah dan jangan pernah bosan kepada Dzat yang membolak balikkan hati kita agar Allah membukakan hati anak kita agar muda dinasehati.

Demikianlah artikel kami mengenai 8 Adab Ketika Hendak Menasehati Anak Dalam Islam ! semoga bermanfaat !

Ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah sedang mencari jasa aqiqah terpercaya dan bergaransi yang terletak di Jakarta dan tangerang yuk kunjungi website kami jasa aqiqah jakarta dan tentunya paket aqiqah yang kami tawarkan sangatlah rekomendasi untuk sahabat as shidiq aqiqah atangerang juga kami menyediakan paket terbaik untuk para sahabat as shidiq aqiqah paket aqiqah jakarta

8 Adab Ketika Hendak Menasehati Anak Dalam Islam !

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Awas Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadaikan

Berqurban Tanpa Batas Dan Berikan Manfaat Kepada Saudara Kita Yang Membutuhkan

poster_mitra komisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

logo asshidiq

Kontak Kami

+628111106606
Buka Setiap Hari
Jam Buka : 08.00 WIB
Jam Tutup : 21.00 WIB
Pesan Sekarang
© 2021 As Shidiq Aqiqah Incorporated. All rights reserved

×

Terimakasih Sudah Memepercayakan Kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

As Shidiq Aqiqah will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.

Ingat Anak Yang Belum Aqiqah Masih Tergadai ! Free Test Food Aqiqah Dengan Mengisi Form Berikut.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram