(01/10/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Barangsiapa yang melaksanakan shalat sunnah qobliyah subuh itu lebih baik dunia dan seisinya ” Jelas pak ustadz.

Pak ustadz.. afwan(maaf)… maksud sholat sunnah qobliyah subuh lebih baik dibanding dunia dan seisinya itu bagaimana? Saya masih belum paham… ” Tanya seorang santri yang masih belum paham.

Pokoknya kata baginda Rasul begitu… ora usah banyak tanya.. kerjain aja! ” Jawab Pak Ustadz dengan nada mulai sedikit agak ketus.

sang santri pun  diam. Ia menjadi takut untuk bertanya…

Assalammualaikun warahmatullahi wabaratakatuh, Ayah-Bunda sahabat As shidiq Aqiqah. Tepat pada hari ini kami akan membahas mengenai fadilah sholat sunnah qabliyah subuh. Oh ya.. Ayah-Bunda sudah tahu apakah sholat sunnah qobliyah subuh itu?Ya, Shalat sunnah qabliyah shubuh atau shalat sunnah Fajar yaitu sholat sunnah dua raka’at sebelum pelaksanaan shalat Shubuh.  Shalat yang satu ini punya keutamaan yang besar, sampai-sampai ketika safar pun, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terus menerus menjaganya. Bahkan ada keutamaan besar lainnya yang akan kita temukan.

Dalam sebuah hadits dijelaskan ,

Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan shalat sunnah yang lebih semangat dibanding dengan shalat sunnah dua raka’at sebelum Fajar” (HR. Muslim no. 724).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah menjaga shalat sunnah yang lebih daripada menjaga shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh”  (HR. Muslim no. 724).

Faidah melaksanakan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Berbicara masalah faidah melaksanakan sholat sunnah qabliyah subuh apa sih manfaatnya?

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Dalam sebuah ceramahnya Ustadz Adi Hidayat, menjelaskan , ” Shalat Sunnah qobliyah subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya ada yang menafsirkan hidupnya mudah, ada menafsirkan pahala yang besar di akhirat nanti, ada yang menafsirkan kemudahan, kenyamanan hidup. Orang sakit ya sehat. Ada juga yang menafsirkan dunia dijadikan kecil. Jadi tidak dijadikan orang yang cinta dunia. Nafsunya ditawan, takwanya naik. Jadi kalau ada tipe orang yang lihat ini pingin.. itu ingin… Subhanallah orang ini (yang melakukan sholat qobliyah subuh) bisa menahannya. Dunia kecil! Imam Ibnu Qayyim Al Jauziah mengatakan, dunia hanya seperti bayangan. Bukan dikejar tapi berbalik. ”

Bacaan Surat Yang Disarankan 

Terkait pelaksanaannya ada bacaan surat yang dianjurkan untuk dibaca ketika melaksanakannya. Dalam sebuah hadits dijelaskan,

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika shalat sunnah qobliyah shubuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (HR. Muslim no. 726).

Bolehkah diqadha?

Mungkin ada Ayah yang sholat subuhnya agak telat ke masjid. Jadi saat ayah datang ke masjid sudah keburu iqamah dan tidak sempat untuk melaksanakan sholat sunnah qabliyah subuh. Bolehkah diqadha?

Boleh, Qadha qabliyah subuh setelah shalat subuh hukumnya boleh menurut pendapat yang kuat. Tidak bertentangan dengan hadits larangan melaksanakan shalat setelah shalat subuh, karena yang dilarang adalah shalat yang tidak ada sebabnya. Akan tetapi jika qadha, sunnat fajar tersebut ditunda pelaksanaannya hingga waktu Dhuha, tidak khawatir terlupa, atau sibuk, maka itu lebih baik. (Majum Fatawa Wa Rasa’il Ibn Utsaimin : 14/242)

Nah jadi itu ya Ayah-Bunda manfaat dari shalat sunnah qabliyah subuh. Sangat rugi sekali jika kita sering meninggalkannya bukan?

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.. Insya Allah. Aamiin…

Referensi

Somad, Abdul H. 2009. “99 Tanya Jawab Seputar Shalat”. Pekanbaru Riau: Tafaqquh Media.