(17/7/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum, ayah bunda sahabat as shidiq aqiqah. Siapa yang tidak tahu mintak ikan? Hampir semua orang di dunia ini mengetahui manfaat minyak ikan. Minyak ikan merupakan sumber terbaik asam lemak Omega  3, sebuah zat penting yang memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

Dalam sebuah studi riset yang dilakukan di Australia,  minyak ikan ternyata juga berperan besar dalam menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Selain itu, faktanya, Minyak ikan memiliki kemampuan untuk mencegah diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Lebih jauh tentang manfaat minyak ikan

Masalah kehamilan akibat adanya gangguan pada plasenta cukup sering terjadi. Nah, kandungan Omega 3 pada minyak ikan dapat membantu memerangi gangguan ini.

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat minyak ikan yang lainnya, yaitu membentuk otak janin dengan lebih sempurna. Minyak ikan juga bermanfaat untuk mencegah bayi mengalami kekurangan berat badan sewaktu dilahirkan.

Dr. Mercola mengingatkan bahwa banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan Omega 3. Menurut penelitian yang ia lakukan, hal ini diakibatkan oleh ketidakseimbangan rasio antara asam lemak Omega 3 dan Omega 6. Padahal Omega 3 penting untuk menjaga keseimbangan hormon ibu hamil, di mana masalah hormonal ini dapat mengakibatkan keguguran.

Amankah ikan laut untuk ibu hamil?

Mungkin ayah dan bunda sedikit bimbang mengenai aman dan tidaknya mengkonsumsi minyak ikan bagi ibu hamil. Yah, tampaknya Anda tak punya pilihan lain, Bu.

Mengkonsumsi ikan laut untuk mendapatkan Omega 3 justru lebih beresiko karena adanya kemungkinan ikan terkontaminasi oleh logam berat seperti merkuri.

Sedangkan merkuri sendiri sangat berbahaya bagi perkembangan janin karena disinyalir merupakan pemicu bagi sindrom autisme dan malfungsi otak.

Namun jika Anda berada dalam situasi di mana Anda tak bisa mendapatkan suplemen ikan karena sesuatu hal, Anda tetap bisa memperoleh manfaat Omega 3 dengan mengkonsumsi beberapa jenis ikan seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan nila, ikan hering dan tiram.

Cara memilih suplemen yang tepat untuk ibu hamil

Banyak orang yang mengkonsumsi suplemen dalam bentuk kapsul atau minyak biasa. Namun tidak semua suplemen mengandung manfaat yang sama.

Ada beberapa jenis suplemen yang mengandung lebih banyak vitamin A daripada vitamin D akibat metode ektraksi dan pemrosesan yang kurang tepat.

 

Suplemen yang mengandung terlalu banyak vitamin A kurang aman dikonsumsi ibu hamil karena tidak mengandung manfaat seperti yang diharapkan.

Hal-hal berikut dapat menjadi acuan sebelum memilih suplemen minyak ikan, yaitu :

  • Pilihlah suplemen ikan fermentasi, misalnya fermentasi minyak ikan kod. Hal ini karena proses fermentasi dapat menjaga keseimbangan rasio vitamin A dan vitamin D dalam minyak ikan.
  • Mercola merekomendasikan suplemen ikan krill sebagai yang terbaik di antara suplemen lainnya.
  • Suplemen ikan salmon merupakan yang terbaik di antara suplemen lainnya.
  • Gunakanlah suplemen organik yang diformulasi khusus untuk ibu hamil.

Jangan terlalu mudah percaya dengan iklan yang menawarkan produk berbasis tanaman sebagai sumber Omega 3, misalnya produk dengan bahan dasar biji rami.

Produk ini mengandung Omega 3 dalam bentuk berbeda dan sedikit mengandung DHA seperti yang terdapat dalam minyak ikan. Sedangkan DHA sendiri adalah bentuk paling sederhana dan bermanfaat dari Omega 3 yang dapat Anda peroleh dari sumber yang aman dan telah terbukti kegunaannya.

Bumil, semoga informasi di atas bermanfaat.

SUMBER