Keutamaan memberi makan orang yang sedang berbuka puasa

Assalammualaikum, Ayah dan Bunda Sahabat As Shidiq Aqiqah. Alhamdulillah sebentar lagi  Ramadhan tiba. Dalam menyambut bulan  berkah Ramadhan ini, Sebagai umat Islam, Tentu kita harus menyambut dengan gembira dan penuh syukur. Tentu saja hal ini karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, bulan penuh pahala, dan bulan penuh kebaikan. Oleh karena itu,  Sudah seharusnya kita  mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan agar dapat mengantarkan kita menjadi orang yang semakin bertakwa. Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu alaihiwassalam  bersabda :

“Jika bulan Ramadhan telah datang (masuk), maka di bukakanlah pintu-pintu langit (rahmat Allah) dari langit, pintu-pintu neraka di tutup dan setan-setan di belenggu ” (HR.Bukhari-Muslim).

Bulan Ramadhan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa kita lakukan  agar menuai ganjaran yang luar biasa. Dengan memberi sesuap nasi, secangkir teh, secuil kurma atau snack yang menggiurkan, itu pun bisa menjadi ladang pahala. Maka sudah sepantasnya kesempatan tersebut tidak terlewatkan. Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan, 

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR. Tirmidzi no. 807)

Di antara keutamaan lainnya bagi orang yang memberi makan berbuka adalah keutamaan yang diraih dari do’a orang yang menyantap makanan berbuka. Jika orang yang menyantap makanan mendoakan si pemberi makanan, maka sungguh itu adalah do’a yang terkabulkan. Karena memang do’a orang yang berbuka puasa adalah do’a yang mustajab. Dalam sebuah hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,

Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.”(Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7/194)

Dalam rangka menyambut datangnya bulan ramadhan, As Shidiq Aqiqah sebagai perusahaan yang sudah dipercaya oleh kalangan masyarakat luas Indonesia menyelenggarakan program “Sahabat As Shidiq Berbagi Berkah” . Program ini  hadir  untuk memfasilitasi Ayah dan Bunda yang ingin membantu saudara kita yang masih kurang mampu.  Program donasi ini nantinya akan kami salurkan dalam bentuk makanan berbuka yang akan langsung disalurkan   kepada saudara – saudara  kita yang sangat membutuhkan.

Yuk Ayah dan Bunda kita manfaatkan momentum bulan yang penuh berkah ini dengan semaksimal mungkin. Dalam Surat Al Hadid Ayat 18, Allah Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. ” (Q.S Al Hadid : 18)

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim no.1151)

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”)

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946)

“dengan bersedekah insya Allah hidup kita akan lebih berkah, dan bukankah dengan berbagi hati kita mejadi bahagia”

Keuntungan sedekah

Banyak di antara manusia yang takut miskin apabila gemar menyedekahkan hartanya. Padahal, Allah menjanjikan balasan yang berlipat ganda bagi orang yang bersedekah.

Allah berfirman dalam surat Al Hadid ayat 18 bahwa Allah akan mengganti sedekah yang kita keluarkan, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

Selain itu, dengan kita bersedekah, maka itu akan menghapuskan dosa-dosa yang kita miliki, seperti sabda Rasulullah Saw,

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan permisalan yang bagus tentang orang yang dermawan dengan orang yang pelit

Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 golongan yang mendapat naungan, dimana dihari tersebut tiada naungan selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya yaitu :

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Berbagai pilihan paket berbuka puasa

paket bukber 1
paket bukber 2
paket snack bukber 2
PAKET PRASMANAN BUKBER

Jumlah sedekah terkumpul

Jumlah orang baik

JUmlah Nasi Box yang sudah dibagikan

300000
Rupiah
245
orang baik
35
Box Nasi

yuk ikut bergabung dengan orang baik yang sudah ikut membantu kaum duafa dalam makanan.

Tawa dan bahagia mereka dengan sumbangan yang anda berikan