11/07/18 (Muhammad Tri Ardiyanto)

Assalammualaikum, sahabat As Shidiq Aqiqah.  Menghelat pernikahan di era ini bukan perkara yang murah. Terlebih jika diadakan di tengah kota besar, seperti Jakarta. Mulai dari penyewaan gedung hingga kostum pernikahan  menghabiskan dana yang tidak sedikit.

Hal ini yang membuat curhatan seorang wanita bernama Julia Jasmine (@juliajasminee) di media sosialnya menjadi viral. Berawal dari keinginan untuk berbagi cerita, siapa sangka kisah pernikahannya menginspirasi banyak orang.

Julia mengunggah cerita pernikahannya dengan anggaran dana Rp 50 juta, dan juga berhasil bulan madu ke Hongkong dengan dana sekitar Rp 10 juta!

Para netizen yang menanggapi unggahan Julia Jasmine menilai, pengalaman yang dibagikan Julia memberikan inspirasi bagi mereka. Anggaran ini dianggap masuk akal dan tak menguras dana besar. Twit Julia tersebut mendapat respons warganet dengan 3.865 retweet dan disukai oleh 7.889 akun.

Saat dihubungi Kompas.com, Jasmine menceritakan, besaran budget pernikahan merupakan kesepakatan dengan pasangannya, Aldi Ramadhika. “Budget-nya kesepakatan bersama,” kata Jasmine kepada Kompas.com, Sabtu (7/7/2018). Dengan dana kurang lebih sekitar Rp 50 juta, mereka memilih konsep pesta pernikahan sederhana yang berkesan bersama keluarga dan kerabat dekat. Seperti yang dibagikan di blog pribadi Aldi, rincian total biaya tersebut dibagi sebagai berikut:


.
1. Biaya administrasi KUA Rp 1.000.000
2. Seserahan Rp 5.000.000
3. Cincin pernikahan Rp 4.500.000
4. Busana dan rias Rp 2.500.000
5. Dokumentasi Rp 3.000.000
6. Band Rp 4.000.000
7. Dekorasi Rp 6.000.000
8. Chatering Rp 12.000.000
9. Venue Rp 10.000.000

Dalam pernikahannya, Pasangan ini mengundang 200 tamu, yang merupakan keluarga dan teman dekat dari keduanya. Terbatasnya jumlah tamu membuat mereka berdua tidak perlu mengeluarkan biaya untuk undangan pernikahan karena undangan disampaikan melalui pesan Whatsapp.

“Yang diundang temen deket dan keluarga, jadi cuma kirim undangan via WA,” ujar Jasmine.

Mereka memilih venue semi outdoor di kawasan Jakarta Timur dengan nuansa Bali, dengan dekorasi sebesar Rp 6 juta. Rangkaian acara yang dirancang yaitu akad dan resepsi.

Pasangan ini tidak menggunakan pelaminan, melainkan memilih konsep pengantin berkeliling menghampiri tamu dan berfoto dengan para tamu. Jasmine dan suaminya mempersiapkan konsep pernikahan ini kurang lebih sekitar satu bulan. Mereka berdua mengalami tantangan untuk meyakinkan keluarga atas konsep yang mereka inginkan.

Bagaimana sahabat.. tertarik dengan konsep pernikahan  Ala Julia Jasmine? Semoga bermanfaat apa yang kami sampaikan. Insya Allah..