tips-merawat-rambut-bayi-agar-lebat-dan-hitam

Apakah benar menggunduli rambut bayi bisa membuatnya kemudian tumbuh subur dan lebat?

Begini sebenarnya…

Rambut pada bayi adalah rambut velus, yaitu rambut sementara yang akan habis setelah usianya mencapai 1-3 bulan. Artinya, walaupun Anda tidak menggunduli rambut bayi Anda, sebenarnya rambut bawaan lahirnya tidak akan terbawa seumur hidupnya, karena semuanya akan rontok dan akan digantikan dengan rambut yang baru

Rambut bayi bisa saja tumbuh tebal tanpa digunduli dan sebaliknya, ada juga sebagian bayi yang walaupun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Artinya, tebal atau tipisnya rambut bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Loh, tapi seringkali setelah digunduli rambut bayi memang terasa dan nampak lebih tebal tuh?

Ya, tapi bukan berarti rambutnya bertambah… Lebih tebalnya rambut si kecil disebabkan rambut velus yang tadinya berbentuk lancip, setelah dipotong maka jadi berbentuk tumpul. Rambut tumpul inilah yang kemudian tumbuh, sehingga rambut si bayi menjadi lebih tebal. Begitulah penjelasannya berdasarkan ilmu kesehatan.

Jadi, rambut bayi tidak perlu digunduli?

Tetap, menggunduli rambut bayi yang baru lahir memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit kepalanya. Banyak kerak kotoran yang menempel dan menutup pori-pori kulit kepalanya akan terbuang sehingga kulit tersebut akan bersih dan ‘bisa bernafas’ dengan baik.

Cara Merawat Rambut Bayi Agar Lebat

Agar rambut bayi menjadi lebih lebat dan tebal, maka bunda harus memperhatikan beberapa cara merawat rambut bayi agar lebat berikut ini:

  1. Potong rambut bayi

Meskipun banyak yang bilang dengan sering memotong rambut bayi, maka rambut akan lebih tebal dan lebat. Akan tetapi anggapan tersebut tidak selamanya benar. Faktor ketebalan rambut selebihnya ditentukan oleh faktor keturunan. Meskipun begitu, kegiatan memotong rambut bayi bisa digunakan sebagai cara untuk mendapatkan kulit kepala yang lebih bersih dari kotoran maupun kerak yang biasanya menempel di kulit kepala si kecil.

  1. Perhatikan asupan gizi bayi bunda

Hal pertama yang harus diperhatikan agar rambut bayi bunda lebih tebal dan lebat adalah dengan memperhatikan asupan gizi penting bunda pada makanan yang dikonsumsi. Jika bayi bunda masih menyusui ASI, maka sebaiknya bunda yang harus mengkonsumsi makanan-makanan bergizi, seperti banyak mengkonsumsi asupan serat, vitamin dan zat besi untuk kesehatan rambut bayi bunda. Nah, jika bayi bunda sudah mendapatkan MPASI, maka bunda bisa menambahkan makanan yang membuat rambut bayi bunda lebih sehat seperti ikan, susu, telur, buah-buahan dan sayuran. Faktor makanan inilah yang berpengaruh pada kesehatan dan kesuburan rambut bayi bunda.

  1. Aplikasikan minyak kemiri

Tips merawat rambut bayi agar tebal berikutnya adalah cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala bayi bunda. Minyak kemiri, bisa didapatkan dengan cara menumbuk beberapa biji kemiri yang sudah digarang atau di sangrai sedikit gosong, kemudian dimasukkan ke dalam kain dan peras hingga mengeluarkan minyak. Nah, kain inilah yang nantinya digosok secara perlahan pada kulit kepala bayi bunda. Cara alami ini bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal.

  1. Aplikasikan madu

Bunda juga bisa mengaplikasikan madu asli untuk dioleskan pada kulit kepala bayi untuk mendapatkan rambut yang tebal dan lebat. Cara ini memang sudah banyak digunakan oleh orang di zaman dulu karena secara alami bisa menyehatkan dan menyuburkan rambut.

Ya, itulah beberapa tips merawat rambut bayi agar tumbuh lebat dengan cara alami yang aman untuk bayi bunda. Semoga bermanfaat!