anak-demam

 Tangisan disertai dengan kondisi rewel yang dialami oleh bayi anda membuat anda bingung dan gelisah apalagi bila disertai dengan suhu badan bayi anda yang mengalami kenaikan dari keadaan normal. Pada umumnya suhu normal manusia berkisar antara 36,5 hingga 37 derajat celcius sedangkan apabila mengalami kenaikan disuhu normal dapat dikarenakan terjadi infeksi atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh bayi anda. Demam bukan sebuah penyakit melainkan suatu tanda adanya pelibatan di dalam tubuh untuk menangkal infeksi atau benda yang tidak dikenali oleh tubuh maka sel yang berfungsi untuk menangkal infeksi di dalam tubuh diaktifkan dan mengakibatkan adanya isyarat pada otak sehingga mengakibatkan perubahan suhu badan anda. Sekali pada bayi dapat disebabkan karena adanya penerimaan vaksinasi.

Demam juga bisa menyerang bayi jika dia terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Atau bisa juga terjadi ketika Anda memakaikan baju yang terlalu Maka Anda  tidak perlu khawatir secara berlebihan jika tubuh bayi Anda terasa panas, tapi dia masih terlihat aktif dan masih mau minum susu.

Meski begitu, terdapat kondisi tertentu yang membutuhkan perhatian lebih. Anda harus waspada ketika bayi mengalami demam yang disertai dengan tanda-tanda seperti berikut ini:

  • Tidak nafsu makan.
  • Terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain.
  • Tidak responsif.
  • Memiliki ruam.
  • Uring-uringan saat tidur.
  • Pernapasannya terganggu.
  • Terlihat tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, atau popok tidak sebasah biasanya.
  • kejang.

Ukur Suhu Tubuh Bayi Anda

Untuk mengetahui apakah bayi Anda mengalami demam atau tidak, coba ukur suhu tubuhnya menggunakan termometer. Disarankan untuk mengukur suhu tubuhnya melalui anus karena bagian tersebut dinilai lebih akurat dibandingkan mulut, ketiak, atau telinga. Lagi pula, termometer anus juga lebih mudah diaplikasikan pada si Kecil.

Sebelum mengukur suhu tubuhnya pada anus, Anda harus memastikan termometer dalam keadaan higienis. Sebelum dipakai, cuci bersih menggunakan sabun dan bilas dengan air.

Posisikan bayi Anda tengkurap dalam dekapan Anda, kemudian masukkan termometer yang telah diolesi petroleum jelly secara perlahan-lahan ke anus dengan kedalaman sekitar 2.5 cm.

Tahan termometer selama dua menit hingga terdengar suara notifikasi dari termometer. Setelah itu Anda bisa menariknya secara perlahan dan membaca hasilnya.

Sebagai informasi, suhu tubuh bayi normal berada di kisaran 36-37 derajat Celcius.

Berikut adalah tips merawat bayi yang sedang demam :

  1. Tingkatkan pemberian ASI

Demam yang terjadi pada bayi memang sangat sulit untuk diidentifikasi apakah demam yang normal atau demam yang menandakan adanya perubahan yang abnormal. Salah satu yang dibutuhkan bayi selama demam adalah nutrisi dan imunitas, sedangkan dalam air susu ibu terdapat nutrisi dan imun yang alami untuk bayi anda. Selain itu pemberian ASI akan meningkatkan keinginan buang air kecil pada bayi yang dapat meringankan demam dikarenakan cairan yang cepat tergantikan.

  1. Kompres bayi anda dengan menggunakan air

Dalam menurunkan suhu tubuh sebaiknya menggunakan kompresan air dari pada menggunakan alkohol. Anda dapat meletakan kompresan pada dahi bayi anda gunakan handuk yang kecil dengan menggunakan air hangat. Bagi anda yang akan melakukan cara mengompres sebaiknya menggunakan air hangat yang tidak jauh berbeda dengan suhu tubuh bayi anda dikarenakan dikhawatirkan bila terlalu dingin akan mengakibatkan badan bayi yang menggigil, anda dapat mengompres selama 30 menit.

  1. Anda dapat menggunakan humidifier

Humadifier yaitu alat yang akan membantu dalam hidung bayi yang tersumbat. humidifier dapat dibeli di apotek terdekat akan tetapi dalam menggunakannya sebaiknya hati-hati dan jangan terlalu dekat dengan bayi anda apalagi bila dilakukan seharian.

  1. Sinar matahari

Bantuan dari sinar matahari akan membantu dalam menyembuhkan bayi yang kuning dan juga pilek atau batuk. Caranya adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari (dibawah pukul 10 pagi) pada langkah pertama adalah dengan membiarkan dadanya terpapar sinar matahari kemudian punggung disertai dengan mengusap ngusap dan dilakukan selama 5-10 menit. Anda tidak perlu melepas baju bayi anda ketika melakukannya.

  1. Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan tebal

Menggunakan baju yang tebal dan ketat akan membuat bayi anda dehidrasi sebaiknya gunakan baju bayi anda yang dapat menyerap keringat dari bahan katun. Apabila bayi anda mempunyai riwayat step sebaiknya anda siaga dengan obat-obat anti kejang dan penurun panas sesuai dengan resep dokter.

Untuk penggunaan obat-obatan, Anda harus konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikannya kepada si Kecil.

Jika demam menyerang bayi berusia tiga bulan ke bawah, sebaiknya langsung bawa si Kecil ke rumah sakit.