(2/1/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat as shidiq aqiqah

Patut diketahui bahwa menghadirkan minat membaca pada anak adalah hal yang penting. Mengapa? dengan membaca diharapkan dapat menumbuhkan sikap kritis dan ingin tahu anak terhadap segala hal. Lalu bagaimana dan apa stragetinya???

Nah, Berikut ini adalah cara menumbuhkan minat baca bagi si anak yang telah berhasil kami rangkum dari buku, Ayah Edy Menjawab :

Pertama, Ayah bunda sebaiknya juga gemar membaca bukan gemar menonton. Kalau orangtuanya senang membaca tanpa disuruh anak juga akan tertarik untuk melakukannya. Awal mulanya ia akan penasaran mengapa Ayah bunda tertarik pada buku. Ia akan bertanya dan akhirnya ingin membaca buku yang sesuai usianya.

Kedua, hilangkan tv dari rumah. Kalau tidak bisa minimal buatkan aturan tegas mengenai waktu menonton dan acara apa saja yang boleh ditonton. Penting untuk membatasi anak menonton agar jangan sampai mereka sering menonton tv kemudian kecanduan. Hal ini dapat mempengaruhi minat baca si anak

Ketiga, Saat mengajaknya jalan-jalan ke mall misalnya, jangan lupa untuk ke toko buku. Jadikan ini sebagai sebuah kebiasaan ayah bunda. Berangkat dari kebiasaan akan menjadi kebutuhan. Berangkat dari kebutuhan akan menjadi kenikmatan.

Keempat, Ayah Bunda bisa membacakan buku cerita nabi, sahabat, atau cerita cerita lain yang bermanfaat bagi si kecil serta sesuai usianya setiap sebelum tidur

Jika cara cara tersebut sering dilakukan, Insya Allah lama lama si anak akan terbiasa untuk gemar membaca

Demikian tulisan hari ini semoga bermanfaat