screenshot-012215-114808-am

Banyak pasangan kekasih yang telah menikah ingin segera memiliki bayi agar suasana dalam keluarga semakin lengkap. Maka banyak cara yang di lakukan oleh pasang kekasih dengan mengikuti program anak. Hampir seluruh orang tua menginginkan kelahiran bayi yang sehat dan kuat serta tidak kurang apapun.

Bagi orang tua khususnya ibu hamil, kesehatan bayi dalam kandungan merupakan prioritas utama yang harus di jaga. Perkembangan bayi dalam kandungan memberikan beberapa efek tersendiri bagi ibu seperti mual, pusing, mudah capek yang terkadang membuat ibu harus tatap berhati- hati dalam menngani masalah tersebut.

Berikut ada beberapa cara untuk ibu hamil untuk menjaga bayi dalam kandungannya agar selalu sehat.

Tips 1.

Jangan menunda untuk kontrol pada dokter setelah Anda tahu bahwa Anda hamil. Penting sekali lho untuk mengetahui kondisi perkembangan bayi di dalam perut Anda.

Tips 2.

Ubah kebiasaan makan Anda, apabila tadinya doyan makan yang tidak sehat, maka harus makan yang sehat-sehat saja. Hindari junk food, hindari juga minuman bersoda dan beralkohol.

Tips 3.

Berolahraga agar tubuh tetap bugar dan tidak gampang terserang penyakit. Tubuh yang metabolismenya baik, akan lebih mudah menghadapi problem-problem seperti morning sick dan lain sebagainya.

Tips 4.

Selalu disiplin mengikuti anjuran dokter sehingga kandungan Anda selalu sehat dan jauh dari masalah.

Tips 5.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan sehingga kebutuhan nutrisi dapat tercukupi. Hindari makanan-makanan kalengan yang nutrisinya tak sebanyak makanan segar.

Tips 6.

Rajin membawa buku dan browsing info kehamilan dari sumber yang dapat dipercaya. Jangan hanya mendengarkan apa yang dikatakan orang.

Tips 7.

Berhenti merokok ya, bunda. Rokok berbahaya sekali untuk perkembangan dan kesehatan janin. Bila Anda meneruskan merokok, bisa-bisa kesehatan si kecil akan terganggu.

Tips 8.

Hindari mengonsumsi sembarang obat kimia dan obat tradisional tanpa berkonsultasi pada dokter Anda.

Tips 9.

Mintalah resep tambahan atau multivitamin pada dokter apabila memang kondisi Anda lemah dan mudah jatuh sakit.

Tips 10.

Ajak pasangan untuk mulai hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, dan juga berhenti merokok.

Tips 11.

Cari dokter kandungan terbaik, bukan yang termurah atau sekedar dekat dengan rumah.

Tips 12.

Ada sisi positif berbagi pengalaman dengan teman yang pernah hamil, namun jangan menelan bulat-bulat semua informasi tersebut.

Tips 13.

Hindari kontak dengan bahan-bahan kimia yang beresiko menimbulkan bahaya seperti pembersih lantai, pembersih keramik, atau bahan-bahan lain beraroma keras.

Tips 14.

Perhatikan kondisi kesehatan mulut dan gigi sepanjang hamil, karena bakteri atau virus dapat tertular melalui problem ini.

Tips 15.

Ceritakan riwayat kesehatan pada dokter kandungan sehingga ia dapat mengerti dan menangani Anda dengan baik.

Tips 16.

Ketahui sejarah alergi terutama terhadap obat-obatan tertentu dan pastikan dokter kandungan Anda mengetahui hal ini.

Tips 17.

Hindari berinteraksi dengan hewan terutama yang belum mendapat vaksin dan mintalah orang lain yang membersihkan kandang hewan selama Anda hamil.

Tips 18.

Bila usia Anda sudah lebih dari 35 tahun saat sedang hamil, maka jaga baik-baik kandungan Anda dan berikan perhatian lebih.

Tips 19.

Minta pendapat dan support dari orang-orang di sekitar Anda akan kehamilan ini.

Tips 20.

Hindari melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat dan melelahkan agar tidak sampai menyebabkan keguguran.

Tips 21.

Perbanyak waktu istirahat dan tidur sehingga tubuh punya banyak energi untuk melakukan kegiatan keesokan hari tanpa merasa kelelahan.

Tips 22.

Buat catatan perkembangan kehamilan Anda dari minggu ke minggu, sehingga Anda bisa memantau kesehatan anak Anda.

Tips 23.

Jangan mengandalkan obat kimia untuk mengatasi mual, tetapi cari alternatif lain dari makanan seperti buah-buahan atau aroma buah untuk mengatasinya.

Tips 24.

Minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Tips 25.

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai di sekeliling rumah sehingga tubuh tetap fit.

Bagaimana bunda, sudah siap menyambut kedatangan si kecil?